POLRES KAPUAS AMANKAN PEMBUAT SIM PALSU

oleh -
oleh
POLRES KAPUAS AMANKAN PEMBUAT SIM PALSU 1
Seorang Pria berinisial T (36) warga Jalan KS Tubun Kuala Kapuas, diamankan oleh Polres Kapuas.

Kuala Kapuas (Dayak News) – Seorang Pria berinisial T (36) warga Jalan KS Tubun Kuala Kapuas, diamankan oleh Polres Kapuas karena diduga telah membuat dan mengedarkan SIM Palsu. Tempat terlapor melakukan pembuatan SIM seolah asli tapi palsu ini di kediamannya Jalan KS Tubun RT 02 Kuala Kapuas.

Kapolres Kapuas AKBP Manang Soebeti SIK MSi melalui Kasat Reskrim Polres Kapuas AKP Kristanto Situmeang SIK dan didampingi Kasat Lantas Polres Kapuas AKP Sugeng SE menggelar press release terkait telah diamankan terlapor yang membuat dan mengedarkan SIM Palsu,

“Tersangka pernah menjadi Pegawai Harian Lepas atau PHL di Polres Kapuas selama tujuh tahun dan berhenti pada Maret tahun 2021. Kegiatan memalsukan SIM dimulai pada bulan Agustus sampai bulan November 2021. Total sekitar 4 jutaan biayanya. Awal ketahuan pada 21 November 2021 saat korban yang meminta jasa pembuatan SIM pada terlapor ditilang saat di Banjarmasin,” ungkap Kasat Reskrim AKP Kristanto Situmeang.

POLRES KAPUAS AMANKAN PEMBUAT SIM PALSU 2

Dilanjutkan AKP Kristanto Situmeang, SIM yang sudah dibuat 72 buah dan tersisa 56 buah, dengan anggaran untuk SIM C Rp 400.000 dan SIM A Rp 600.000 sedang SIM B II umum Rp 2.800.000.

Cara membuat SIM palsu ini dengan meminta data pada pelaku, berikut photo dan diedit melalui laptop melalui aplikasi Paint. Lalu dicetak melalui kertas PVC. Terus jadi SIM palsu seolah olah asli ini dengan melakukan scan dari SIM asli milik terlapor,

“Bersama terlapor diamankan juga barang bukti atau BB yaitu 13 lembar SIM A diduga palsu, 43 lembar SIM C diduga palsu, 1 buah monitor, 1 buah keyboard dan CPU, 2 buah printer dan Hp untuk berkomunikasi dengan korban. Ancaman hukuman untuk terlapor yaitu pasal 263 dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara,” sebut Mantan Kasat Reskrim Polres Barito Utara ini lagi. (Rob/Den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.