REDAKSI BANJARMASIN POST.CO.ID BERBAGI TIPS KEMBANGKAN MEDIA SIBER

oleh -
REDAKSI BANJARMASIN POST.CO.ID BERBAGI TIPS KEMBANGKAN MEDIA SIBER 1

Banjarmasin (Dayak News) –Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) berkesempatan menyambangi Kantor Redaksi Banjarmasin Post.co.id, di Banjarmasin, Sabtu (28/1/2023). Berbagai masukan terkait pengelolaan media siber didapatkan pengurus dalam pertemuan dengan jajaran redaksi portal berita anggota jaringan Tribunnuews.com itu.

Kunjungan rombongan Pengurus SMSI Kalteng ke redaksi Banjarmasin Post.co.id yang berkantor di Gedung HJ Djok Mentaya, Lantai 4, Jalan AS Musyafa, Banjarmasin ini merupakan rangkaian dari kegiatan silaturahmi dan kaji banding ke Kalimantan Selatan (Kalsel).

Sebelumnya, rombongan yang terdiri dari Ketua SMSI Kalteng H Sutransyah, Ketua Dewan Pembina H Noorivansyah dan anggota Yulidawarni, Sekretaris Irwansyah, Koordinator Bidang Edwandani, dan sejumlah pengurus lainnya melakukan silaturahmi ke Pengurus SMS Kalsel dan Kota Banjarmasin.

Pada kunjungan ke redaksi Banjarmasin Post.co.id, rombongan diterima Manajer Digital M Royan Naimi, Manajer Produksi Hari Tri Widodo, Wakil Manajer Produksi Agus Rumpoko, dan sejumlah jajaran redaksi.

Kunjungan diisi dengan melihat langsung fasilitas ruang redaksi, studio pembuatan video dan podcast, ruang editing, dan lainnya. Selain itu, digelar pula diskusi terkait teknis pengelolaan media siber yang dijalankan Banjarmasin Post.co.id.

M Royan Naimi dalam diskusi tersebut menjelaskan, Banjarmasin Post.co.id dapat terus berkembang salah satunya lewat pengalaman dan pembelajaran. Portal media ini telah beroperasi seiring dengan perkembangan media cetak Harian Banjarmasin Post yang menjadi induk perusahaannya.

“Kita operasikan media online ini sebelum terbentuk Tribunnews.com tahun 2010. Saat itu kita sudah memroyeksikan bahwa kelak media cetak akan tergantikan oleh media digital,” ujar Royan.

Dia melanjutkan, dalam perkembangannya, Banjarmasin Post.co.id ini tumbuh dan berhasil meraup laba yang cukup besar, terutama dari trafict kunjungan pembaca (viewers).

BACA JUGA :  Polsek Sukamara Rutin Sosialisasikan “Stop Membakar Hutan Dan Lahan”

“Kita juga menjalin kontrak dengan seluruh pemerintah daerah (kota/kabupaten) se-Kalimantan Selatan. Tetapi pemasukan terbesar tetap dari jumlah viewers dan iklan,” sebutnya.

Meskipun Banjarmasin Post berkembang pesat karena didukung pengalaman yang panjang, Royan berharap pengelola media siber di Kalteng, khususnya perusahaan media siber anggota SMSI yang relatif baru dididirkan agar tak berkecil hati.

Menurut Royan, ada beberapa trik dan tips yang dapat dilakukan media baru untuk mempercepat perkembangan perusahaan. Di antaranya dengan pembenahan tampilan, peningkatan kualitas dan seleksi konten pemberitaan, dukungan produksi video dan podcast, serta pemanfaatan media-media sosial sebagai sarana promosi.

Ketua SMSI Kalteng H Sutransyah di kesempatan ini menyampaikan terima kasih atas sambutan dan kesediaan jajaran redaksi Banjarmasin Post.co.id untuk berbagi pengalaman dan wawasan tentang pengelolaan media massa siber.

“Ini kunjungan pertama kami, mudah-mudahan ke depan dapat kembali diterima untuk menambah wawasan dengan belajar dari kawan-kawan di sini,” kata jurnalis senior yang juga mengawali karir di Harian Banjarmasin Post ini.

Kegiatan ditutup dengan pemberian cinderamata dari pengurus SMSI Kalteng kepada redaksi Banjarmasin Post.co.id. (din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.