RESMI PIMPIN UMPR, HM YUSUF INGIN PERKUAT KOLABORASI DOSEN, MAHASISWA, DAN DUNIA KERJA

oleh -
RESMI PIMPIN UMPR, HM YUSUF INGIN PERKUAT KOLABORASI DOSEN, MAHASISWA, DAN DUNIA KERJA 1
Prosesi pelantikan Rektor UMPR periode 2023-2027 Dr HM Yusuf SSos MAP oleh Wakil Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadyah HM Noor Rochman Hadjam. (FOTO: IST)

Palangka Raya (Dayak News) – Dr HM Yusuf SSos MAP resmi dilantik sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR) masa bakti 2023-2027. Di bawah kepemimpinannya, upaya penguatan kolaborasi mahasiswa dan dosen, serta sinergitas dengan pemerintah daerah maupun swasta akan semakin ditingkatkan.

Pelantikan HM Yusuf sebagai rektor baru UMPR itu digelar di Ballroom Bahalap Hotel, Palangka Raya, Selasa (17/1/2023). Kegiatan diawali sidang terbuka senat UMPR, dilanjutkan dengan prosesi pelantikan yang dipimpin Wakil Ketua Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah HM Noor Rochman Hadjam.

Prosesi pelantikan dihadiri Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Dr Haedar Nashir MSi, Wakil Gubernur (Wagub) H Edy Pratowo mewakili Gubernur Kalteng, Ketua Pengurus Wilayah Muhammadiyah (PWM) Prof Dr H Ahmad Syar’i MPd dan jajaran.

Hadir pula di kegiatan itu Anggota Komisi X DPR RI Zainuddin Maliki, Anggota DPR RI Dapil Kalteng H Agustiar Sabran, Wakil Ketua I DPRD Provinsi Kalteng H Abdul Razak, Wakil Ketua III DPRD Provinsi Kalteng Faridawaty Darland Atjeh, dan civitas akademika UMPR.

Rektor UMPR Periode 2023-2027 HM Yusuf dalam pidato pelantikannya menyampaikan terimakasih kepada para senat UMPR  untuk mempercayakan jabatan ini.

“Saya juga menyampaikan terimakasih kepada tokoh-tokoh yang berkenan hadir di kegiatan ini. Momentum kebersamaan ini memberi energy baru bagi UMPR dalam menjalankan program-program ke depan,” kata Yusuf.

Dia menambahkan, visi dan misi kepemimpinannya ke depan akan berorientasi pada peningkatan kualitas layanan pendidikan untuk menciptakan alumnus yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

Upaya itu salah satunya akan diwujudkan dengan penguatan kolaborasi mahasiswa dan dosen dalam pengajaran di dalam dan luar kampus, sesuai program “Kampus Merdeka”.

“Kolaborasi ini akan terus berjalan, bahkan hingga mahasiswa menyelesaikan pendidikan. Saat mereka kembali ke masyarakat, dosen akan terus mengawal mereka dalam memasuki dunia kerja,” ujar Yusuf.

Di kegiatan yang sama, Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wagub H Edy Pratowo menyampaikan selamat atau peresmian kepemimpinan baru UMPR ini.

“Saya berpesan kepada Universitas Muhammadiyah Palangka Raya dan semua perguruan tinggi di Kalimantan Tengah agar mampu bersinergi dengan Pemerintah Daerah, terutama dalam membangun sumber daya manusia Kalimantan Tengah yang berkualitas unggul dan berdaya saing,” sebut Wagub.

Lebih lanjut Edy menjelaskan, pelantikan rektor ini merupakan momentum yang tepat bagi segenap jajaran UMPR untuk meneguhkan visi ke depan untuk menjadikan perguruan tinggi ini semaki berkualitas dan  berdaya saing global.

“Dunia perguruan tinggi saat ini sedang berubah cepat, seiring dengan dinamika dan perkembangan global. Di sinilah pentingnya peran perguruan tinggi sebagai pusat unggulan (center of excellent) dalam membangun sumber daya manusia yang berkualitas,” ucap Wagub.

Kegiatan pelantikan Rektor UMPR ini juga dirangkai dengan seminar nasional “Peluang Kerja Milenial Pada Daerah Penyangga IKN Nusantara”. Hadir sebagai narasumber, antara lain, Menteri Ketanagakerjaan Ir Afriansyah Noor MSi, Anggota Komisi X DPR RI Prof Dr Zainuddin Maliki MSi, dan Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta Dr Mamun Murod Al-Barbasyi MSi.

Sehari sebelumnya, juga digelar tabligh akbar yang disampaikan Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Dr Haedar Nashir MSi. (din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.