Ruas Jalan Kasongan Menuju Tumbang Kaman Rusak Parah, Pengusaha Tak Gubris Surat Edaran Bupati?

oleh -
oleh
Ruas Jalan Kasongan Menuju Tumbang Kaman Rusak Parah, Pengusaha Tak Gubris Surat Edaran Bupati? 1

Kasongan, (Dayak News) – Jalan Kasongan menuju Tumbang Kaman rusak parah. Beberapa ruas bahkan berlobang dengan kedalaman mencapai tinggi paha orang dewasa. Pantauan media dayak news.com, Jum’at (14/6 2024) titik kerusakan terparah dari Desa Dahian Tunggal hingga Desa Tumbang Kaman. Rata-rata jalan berlubang lebar dan dalam, hal itu lantaran pecahan aspal dan timbunan agregat berserakan.

Beberapa titik nampak tronton bermuatan kayu log amblas. Dipadu truk muatan kayu masak dan buah sawit berseliweran dengan muatan diduga over kapasitas. Pengendara yang lewat terpaksa antri, hingga puluhan menit.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Katingan melalui Kepala Bidang Bina Marga, Filado mengatakan, untuk tahun ini penanganan kerusakan jalan hanya pada ruas Desa Bakumpai. Bilamana dibandingkan dengan panjang kerusakan yang terjadi sangat lah tidak signifikan.

“Penanganan kerusakan jalan tahun ini hanya ruas Desa Samba Bakumpai, mengingat anggaran yang sangat terbatas,” ungkapnya singkat.

Sementara berdasarkan data yang diperoleh Media ini, Jalan Kasongan menuju Tumbang Kaman merupakan jalan milik Kabupaten Katingan. Itu berarti, daerah bersangkutan bertanggung jawab dalam mengelola serta memperbaiki jalan.

Berdasarkan Surat Edaran Pejabat Bupati Katingan nomor 550/047/Dushubkan-1/V/2024 tanggal 7 Juni 2024 yang ditujukan kepada semua pengusaha pertambangan, perkebunan dan kehutanan, mewajibkan memenuhi aturan ketika mempergunakan jalan milik kabupaten. Disebutkan, jalan Kasongan menuju Tumbang Kaman atau lebih dikenal dengan nama Jalan Soekarno Hatta, Kelas

Jalan adalah Kelas III dengan muatan maksimal 8 ton. Tapi, kenyataannya banyak truk berseliweran dengan dugaan muatan melebihi kapasitas tanpa ada tindakan atau pengawasan apa pun dari instansi terkait.

Untuk diketahui, hingga kekinian ruas jalan itu tak satu pun dijaga atau diamankan petugas terkait. Sehingga truk beroda delapan dan lebih bebas berkeliaran. (Dan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.