SABRAN ACHMAD SALAH SATU PIONER PEMBENTUKAN PROVINSI KALTENG TUTUP USIA

oleh -175 views
SABRAN ACHMAD SALAH SATU PIONER PEMBENTUKAN PROVINSI KALTENG TUTUP USIA 1
ALMARHUM SABRAN ACHMAD

Palangka Raya (Dayak News) – Masyarakat Provinsi Kalimantan Tengah berduka, salah Satu tokoh Pioner pembentukan Provinsi Kalimantan Tengah Sabran Achmad, Selasa (27/04) malam dikabarkan Meninggal Dunia.

Kabar meninggalnya salah satu tokoh Panutan Masyarakat Kalimantan Tengah yang pernah menjadi Wakil Ketua DRPD-GR Kalimantan Tengah periode tahun 1966-1971 tersebut pertama kali diketahui melalui Postingan Facebook Dewan Adat Dayak Provinsi Kalimantan Tengah yang memposting meninggalnya Sabran Achmad.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah dr. Doris Sylvanus Palangka Raya, dr. Yayu Indriaty yang dikonfirmasi Redaksi Dayak News Online membenarkan bahwa Sabran Achmad telah meninggal dunia.

“Iya mas, hari ini telah meninggal dunia Tokoh Masyarakat Kalimantan Tengah panutan kita, Bapak Sabran Achmad, karena Komplikasi Riwayat Gangguan Jantung,” Ungkap Yayu.

Sabran Achmad lahir 31 Desember 1930 di Kuala Kapuas. Ia adalah tokoh adat dan menjadi salah satu tokoh perintis berdirinya provinsi Kalteng.

Sabran terakhir menjabat sebagai Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalimantan Tengah sejak 2008 hingga 2016.

Sabran Achmad merupakan putra ketiga dari sembilan bersaudara. Ia menyelesaikan pendidikan SR, SMP hingga SMA di wilayah Kalteng.

Kemudian ia sempat mengenyam kuliah di Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat hingga tingkat III. Dia juga aktif dan bergiat di Partai Nasional Indonesia yang membawanya terpilih sebagai anggota DRPD-GR Kalteng.

Lantaran kepiawaiannya berpolitik,  ia dipercaya sebagai Wakil Ketua DPRD-GR Kalteng periode 1966-1971.

Selain itu Ia pernah berkarier sebagai pegawai negeri sipil di Departemen Perburuhan tahun 1950 dan Kepala Kantor Balai Statistik Kalteng periode 1971-1986.

Sementara itu, hingga saat ini masih belum ada konfirmasi resmi dari Pihak Keluarga terkait meninggalnya Sabran Achmad serta pemakaman Almarhum, namun dari Postingan pesan Berantai Whatsapp yang diterima oleh Redaksi Dayak News online beliau akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan. (AJn/Den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *