SAPI DAN RUSA PRODUK UNGGULAN DIKEMBANGKAN KALTENG

oleh -17 views

Palangka Bun, 22/7/2020 (Dayak News). Sapi dan rusa merupakan salah jenis produk perternakan yang menjadi pilihan prioritas untuk dikembangkan di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan bekerjasama dengan instansi terkait lainnya akan melaksanakan program pelestarian dan perlindungan berbagai jenis satwa termasuk rusa atau menjangan sehingga tetap terjaga kelestariannya.

Untuk mendukung program tersebut, Gubernur Kalteng H.Sugianto Sabran mengajak sejumlah pimpinan instansi terkait meninjau lokasi ranch penangkaran sapi dan rusa milik pengusaha Abdul Rasyid di Desa Sulung Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

“Program ini akan terus ditingkatkan demi menjaga kelestarian satwa-satwa di Bumi Tambun Bungai. Contoh, rusa di penangkaran ini, pertumbuhanya sangat baik dan terus terjaga,” jelas Gubernur Kalteng H.Sugianto Sabran saat meninjau lokasi ranch penangkaran sapi dan rusa di Desa Sulung Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kotawaringin Barat, Selasa siang (21/7/2020).

Ranch miliki pengusaha nasional Abdul Rasyid seluas 63 hektar ini khusus untuk penangkaran sapi bali dan rusa. Sapi bali sudah berkembang mencapai 10.000 ekor dan 307 ekor rusa. Pabrik pengolahan pakannya dikelola langsung oleh PT. Sulung Ranch di lokasi tersebut.

“Dari sini juga kita mencari ide dan gagasan dalam upaya program perencanaan pemerintah ke depanya yang lebih baik,” kata Sugianto Sabran.

Peninjauan lokasi ranch penangkaran sapi dan rusa tersebut juga diikuti anggota DPR RI Agustiar Sabran, Pangdam XII Tanjungpura Mayjen Muhammad Nur Rahmad, Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedy Prasetyo, Wakil Ketua DPRD Kalteng dan Buparti Kotawaringin Barat serta sejumlah Pimpinan OPD terkait yang didampingi Abdul Rasyid selaku pemilik Ranch tersebut. (Pr/Hms/Den).

BACA JUGA :  PERPANI GUMAS AJAK KESERIUSAN ATLET PANAHAN BERLATIH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *