SEKDA PIMPIN VIDCON HARI LINGKUNGAN HIDUP DI KALTENG

oleh -
oleh
SEKDA PIMPIN VIDCON HARI LINGKUNGAN HIDUP DI KALTENG 1

Palangka Raya, 5/6/2020 (Dayak News). Peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia Tahun 2020 dilaksanakan sedikit berbeda karena melalui Video Conference (Vidcom), dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Fahrizal Fitri.

Turut mengikuti vudcom ini, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah. Acara berlangsung di Aula Eka Hapakat, lantai 3 Kantor Gubernur Kalteng, Jumat (5/6/2020).

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RepubIik Indonesia, Siti Nurbaya dalam sambutannya dibacakan Sekda Kalteng, Fahrizal Fitri mengatakan, Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2020 dipusatkan di Colombia dengan mengusung tema “Biodiversity dan tagline Time for Nature”.

Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki hutan tropis dengan keanekaragaman hayati yang sangat tinggi, sehingga menyandang predikat mega-biodiversity country. Oleh karenanya, Indonesia berperan strategis dalam menjaga stabilitas ekosistem global. Terbukti dunia menaruh atensi yang begitu tinggi terhadap keanekaragaman flora dan fauna Indonesia.

Dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2020, Menteri menyerukan kolaborasi nasional dan global yang perlu ditingkatkan untuk keanekaragaman hayati, dan pemanfaatannya secara berkelanjutan sebagai komponen penting lingkungan hidup, dan dengan terus menjalankan upaya-upaya mengisi jalan menuju keseimbangan baru manusia dan alam (homeostatis).

Dikatakan, saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang peduli dan mendedikasikan diri dalam pelestarian keanekaragaman hayati dan lingkungan secara keseluruhan. Mari kita terus menjaga keseimbangan manusia dan alam. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa membimbing dan melindungi langkah-langkah kita untuk kebaikan bangsa Indonesia yang kita cintai,” ucapnya.

SEKDA PIMPIN VIDCON HARI LINGKUNGAN HIDUP DI KALTENG 2

Keanekaragaman hayati merupakan pondasi pendukung semua kehidupan didaratan, lautan dan udara, mempengaruhi seluruh aspek kehidupan manusia mulai dari kesehatan, menyediakan udara dan air yang bersih, makanan, obat-obatan dan mitigasi perubahan iklim.

Merubah atau menghilangkan salah satu komponen dari jaringan keanekaragaman hayati akan menyebabkan seluruh sistem berubah dan menimbulkan dampak negatif bagi kehidupan manusia.

Timbulnya bencana pandemi Covid-19 menunjukkan bahwa jika kita merusak keanekaragaman hayati, maka kita juga merusak sistem pendukung kehidupan manusia.

Dalam peringatan ini pula Sekda Provinsi Kalteng, Fahrizal Fitri menyampaikan arahannya, mengatakan, saat ini kita memang sudah berada dalam status bencana Covid-19.

Yang mana sebentar lagi kita akan memasuki musim kemarau dimana memiliki resiko yang tinggi bisa mengalami kebakaran hutan dan lahan, adapun keterkaitan antara Covid-19 dengan kebakaran hutan dan lahan salah satu dampaknya adalah dapat mengganggu kesehatan pada Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).
Kita ketahui bahwa Covid-19 ini juga salah satu virus yang berpengaruh terhadap saluran pernafasan atau pneumonia, hal ini juga yang harus menjadi perhatian kita serta bagian sosialisasi kepada masyarakat bahwa apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan akan menimbulkan kabut asap sehingga dampak utamanya adalah pada kesehatan masyarakat sekitar. Cara tubuh merespon juga berbeda-beda, ada yang rentan terhadap asap sehingga akan mengakibatkan turunnya imun tubuh seseorang.”(PR/Den).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.