TUMBANG POHON BERSEJARAH NYARIS MAKAN KORBAN DI KAPUAS

oleh -73 views
TUMBANG POHON BERSEJARAH NYARIS MAKAN KORBAN DI KAPUAS 1
TUMBANG - Pohon beringin yang sudah berumur ratusan tahun di Ujung Murung, Kota Kuala Kapuas, Ibokota Kabupaten Kapuas tumbang dan nyaris memakan korban.(Pr/Ist).

Kuala Kapuas, 29/1/20 (Dayak News). Pohon beringin yang punya sejarah, terutama karena sudah berumur seratus tahun lebih dengan daunnya sangat rindang yang samgat enak tempat berteduh, mengawali tahun 2020 ini akhirnya tumbang.

Pohon beringin raksasa terletak di kawasan Ujung Murung, tepatnya Jalan Soegiman, Kuala Kapuas itu tumbang nyaris makan korban, hanya menimpa sejumlah bangunan dan sempat menutup jalan, Rabu dini hari (29/1).

Iswansyah (47) salah saksi mata menyebutkan, sebelum tumbang pohon itu memang sudah menunjukan tanda-tanda. Tampak jelas natang pohon itu sudah terlihat miring.

Kondisi pohon yang miring sudah terjadi setengah bulan sebelumnya.

Rabu dinihari, hujan terjadi dan angin tidak begitu kencang. Hanya saja, beberapa jam sebelumnya dimalam itu, memang ada hujan lebat disertai angin, ucak Acah, nama panggilan sumber ini.

Petugas dari Bidang Pertamanan dan Kebersihan Dinas PUPR-PKP Kapuas, Anto kepada wartawan di Kuala Kapuas menuturkan mereka langsung mengevakuasi pohon tua yang tumbang itu.

Diakui, pembersihan bekas pohon tumbang itu diperkirakan memakan waktu cukup lama. Diperkirakan sampai tiga hari dengan kenerjunkan tenaga 25 orang.

Pohon yang tumbang itu dibagian dahannya menimpa sejumlah bangunan, diantaranya kantor unit pelayanan PLN dan sebagian rumah dinasnya, kios adiguna, serta tempat parkir mobil karyawan PT Karya Sejati.

Bangunan gudang atau eks kantor Satpolair Polres Kapuas juga rusak karena terkena bagian akar yang terangkat dari pohon yang tumbang itu. Selain itu sejumlah mobil yang terparkir di sekitar juga ada yang penyok dan sebagian kaca pecah akibat tertindih.(Pr/BN/BBU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *