UMPR REALISASIKAN PROGRAM KOLABORASI MAHASISWA-DOSEN UNTUK MASYARAKAT

oleh -
UMPR REALISASIKAN PROGRAM KOLABORASI MAHASISWA-DOSEN UNTUK MASYARAKAT 1
Rektor UMPR Dr HM Yusuf SSos MAp didampingi Wakil Rektor dan Dekan menyampaikan keterangan pers terkait dimulainya pelaksanaan PKMD dan persiapan pembukaan Fakultas Kedokteran, di Kampus II UMPR, Selasa (24/1/2023). (FOTO: DIDIN)

Palangka Raya (Dayak News) – Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR) terus merealisasikan konsep perkuliahan yang beriorientasi pada dunia kerja, sesuai visi Rektor Dr HM Yusuf SSos MAp. Salah satunya dengan pelaksanaan Program Kolaborasi Mahasiswa dan Dosen (PKMD) yang di-launching, Selasa (24/1/2023).

Peresmian program PKMD tersebut digelar di Kampus II UMPR, Jalan Anggrek, Kelurahan Kereng Bangkirai, Palangka Raya, dihadiri langsung Rektor Dr HM Yusuf SSos MAp, didampingi Wakil Rektor II Ridha Respati MT, Wakil Rektor IV Dr Sanawiyah, para dekan, jajaran BEM UMPR, dan mahasiswa UMPR.  

HM Yusuf yang baru dilantik sebagai Rektor UMPR masa bakti 2023-2027 pekan lalu, mengatakan, dengan diluncurkannya program kolaborasi mahasiswa-dosen ini, UMPR siap memberikan bantuan dan pendampingan kepada masyarakat sesuai bidang-bidang pendidikan  di UMPR.

Bidang bantuan dan pendampingan itu antara lain, layanan kesehatan dan kedaruratan, pendampingan hukum, budidaya pertanian dan kehutanan, pendidikan, lingkungan, teknologi, hingga sosial kemasyarakatan.

“Seluruh mahasiswa UMPR dengan didampingi dosen akan dilibatkan sebagai relawan bantuan dan pendampingan ini, sesuai disiplin ilmu masing-masing,” ujar Yusuf.

Rektor baru UMPR ini melanjutkan, selain sebagai bentuk pengabdian kepada mmasyarakat, program ini juga berkaitan dengan misi UMPR untuk membiasakan mahasiswa dengan dunia kerja sehingga dapat langsung belajar di lapangan.

“Jadi, pengajaran dosen kepada mahasiswa tidak lagi hanya di lakukan di atas keramik (kampus), tetapi mereka belajar langsung di lapangan. Ini upaya kita menyiapkan alumnus yang benar-benar siap terjun ke dunia kerja setelah menyelesaikan pendidikan,” ujarnya.

Terkait program tersebut, Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UMPR Arif Bayu menyatakan kesiapan rekan-rekannya untuk terjun langsung memberikan bantuan dan pendampingan kepada masyarakat.

“Kami siap menjalankan program yang diamanatkan Rektorat UMPR ini karena sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan langsung di lapangan, sekaligus membiasakan diri dalam pengabdian ke masyarakat,” kata Arif didampingi Sekretaris dan jajaran BEM lainnya.

UMPR REALISASIKAN PROGRAM KOLABORASI MAHASISWA-DOSEN UNTUK MASYARAKAT 2
Peninjauan gedung rencana Kampus Fakultas Kedokteran UMPR dan asrama mahasiswa.

PERSIAPAN PEMBUKAAN FAKULTAS KEDOKTERAN

Peluncuran PKMD ini juga dirangkai dengan kunjungan pantauan kesiapan sarana dan prasarana UMPR untuk membuka Fakultas Kedokteran.

Wakil Rektor II UMPR Ridha Respati MT kepada wartawan saat meninjau lingkungan perkuliahan Kampus II yang memiliki luas lahan sekitar 20 hektare ini menjelaskan, persiapan pembukaan fakultas kedokteran ini terus dilakukan. Untuk sarana dan prasarana, saat ini UMPR sedang membangun gedung kampus dan laboratorium kedokteran.

Sebagai sarana penunjang lain, telah selesai dibangun asrama berbentuk rumah susun yang pembangunannya dibantu Dinas PUPR dan baru saja diserahterimakan.

Ridha melanjutkan, pembukaan Fakultas Kedokteran ini masih menunggu koordinasi dengan pihak-pihak terkait lain, termasuk dalam hal penyiapan SDM pendidik dan penguji yang akan didukung Universitas Muhammadiyah Jakarta dan akademisi dari Kalimantan Selatan.

“Target kita persiapan bisa rampung tahun 2023 ini, sehingga Insya Allah pada tahun 2024 sudah bisa dibuka,” ujarnya.

Adapun fakultas yang telah tersedia di UMPR saat ini, antara lain, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP), Fakultas Teknik dan Informatika (FTI), Fakultas Agama Islam (FAI), Fakultas Pertanian dan Kehutanan (Fapertahut), dan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK). (din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.