WAGUB KALTENG : KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA MENJADI KUNCI TERPENTING DALAM TERBENTUKNYA FKUB

oleh -
oleh
WAGUB KALTENG : KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA MENJADI KUNCI TERPENTING DALAM TERBENTUKNYA FKUB 1

Palangka Raya (Dayak News) – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Wagub Kalteng) H. Edy Pratowo menghadiri acara Pertemuan Pengurus dan Anggota Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kalteng Periode 2021-2026 secara virtual melalui telekonferensi video dari Ruang Rapat Wagub, Kompleks Kantor Gubernur, Palangka Raya, pada Jumat (8/10/2021).

Saat menyampaikan arahan, Wakil Gubernur Edy Pratowo mengungkapkan bahwa Forum Kerukunan Umat Beragama merupakan sebuah wadah yang dibentuk oleh masyarakat dan difasilitasi Pemerintah, dalam rangka membangun dan memelihara serta memberdayakan umat beragama untuk kerukunan dan kesejahteraan bagi seluruh pemeluk agama di Indonesia, khususnya di Bumi Tambun Bungai Kalimantan Tengah.

“Kerukunan antarumat beragama menjadi kunci terpenting dalam terbentuknya FKUB itu sendiri, yang dilandasi dengan toleransi, saling pengertian, saling menghormati, menghargai kesetaraan dalam pengamalan ajaran agamanya, dan kerja sama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, berdasarkan pada Pancasila dan UUD 1945”, ungkap Wakil Gubernur.

Wakil Gubernur menyampaikan bahwa Forum Kerukunan Umat Beragama memiliki peran sangat strategis, di antaranya sebagai rujukan tentang kerukunan, netral dalam penanganan persoalan masyarakat, mediator dalam perselisihan, dan sebagai juru bicara kepentingan semua agama, serta wibawa dan bijak dalam tindakan.

WAGUB KALTENG : KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA MENJADI KUNCI TERPENTING DALAM TERBENTUKNYA FKUB 2

“Peran FKUB dan para tokoh agama sangat diperlukan sebagai jembatan strategis bagi umat untuk menggerakkan moderasi beragama, baik dalam keyakinan dan pemahaman keagamaan maupun tindakan konkret dalam melaksanakan pencegahan, mediasi, dan penyelesaian konflik antar umat beragama”, ujarnya.

Selain itu, Wakil Gubernur Edy Pratowo berharap FKUB mampu terus menjadi forum yang dipercaya oleh masyarakat, sehingga dapat menjaga dan merawat kerukunan beragama di Provinsi Kalimantan Tengah.

BACA JUGA :  TIM DOSEN UMPR LATIH SISWA RAKUMPIT CARA FILTRASI AIR SUNGAI RUNGAN

“Saya berharap kepengurusan FKUB yang baru ini mampu berkomitmen untuk memantapkan kualitas dan eksistensi FKUB, terutama dalam merawat kerukunan dan toleransi beragama, sehingga dapat semakin berperan sebagai salah satu kekuatan pembangunan untuk mewujudkan Kalteng Makin Berkah”, kata Wakil Gubernur.

Tampak hadir dalam pertemuan tersebut, antara lain Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Noor Fahmi, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Periode 2021-2026 Bulkani. (PR/BAP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.