WARGA SEBAUNG KECAMATAN MARIKIT TUNTUT KADES MUNDUR

oleh -
oleh
WARGA SEBAUNG KECAMATAN MARIKIT TUNTUT KADES MUNDUR 1
Warga Desa Sebaung Kecamatan Marikit, Kabupaten Katingan Provinsi Kalimantan Tengah menggelar aksi demo menuntut Kepala Desa setempat mengundurkan diri. Kegiatan dilaksanakan dengan melakukan orasi di Kantor Camat Marikit dengan membentangkan spanduk, Senin (22/5 2023).

Kasongan (Dayak News) – Warga Desa Sebaung Kecamatan Marikit, Kabupaten Katingan Provinsi Kalimantan Tengah menggelar aksi demo menuntut Kepala Desa setempat mengundurkan diri. Kegiatan dilaksanakan dengan melakukan orasi di Kantor Camat Marikit dengan membentangkan spanduk, Senin (22/5/2023).

Menurut keterangan Koordinator aksi demo, Murdianto menjelaskan, Warga Desa Sebaung sudah tidak percaya lagi dengan pemerintahan yang ada saat ini. Pihaknya meminta agar kepala desa mengundurkan diri secara baik-baik.

“Harapan kami lebih baik Pak Jaruman mengundurkan diri secara baik-baik. Masyarakat sudah tak percaya lagi,” ungkapnya disela-sela aksi.

Tuntutan yang disampaikan itu, disebabkan kepala desa dinilai sudah tidak transfaran dalam pengelolaan keuangan desa. Berbagai macam bantuan dan pelaksanaan pembangunan yang bersumber dari APBN dan APBD hanya dikelola sendiri tanpa melibatkan masyarakat.

  • WARGA SEBAUNG KECAMATAN MARIKIT TUNTUT KADES MUNDUR 2
  • WARGA SEBAUNG KECAMATAN MARIKIT TUNTUT KADES MUNDUR 3
  • WARGA SEBAUNG KECAMATAN MARIKIT TUNTUT KADES MUNDUR 4
  • WARGA SEBAUNG KECAMATAN MARIKIT TUNTUT KADES MUNDUR 5
  • WARGA SEBAUNG KECAMATAN MARIKIT TUNTUT KADES MUNDUR 6

“Seperti Bantuan Langsung Tunai, tak pernah diumumkan dalam papan pengumuman, seolah-olah ada yang disembunyikan,” imbuhnya.

Disisi lain, ungkapnya, penempatan personil pemerintah desa ditenggarai syarat KKN. Sekretaris desa, ketua BPD dan kepala seksi pemerintahan desa diduga merupakan keponakan dan saudara kandung yang bersangkutan.

“Akibatnya masyarakat beranggapan yang bersangkutan hanya mengutamakan kepentingan pribadi dan golongan,” ungkapnya

Murdianto, berharap, kepala desa tersebut segera diganti. Masyarakat menginginkan pemimpin yang bisa mengayomi dan melindungi.

“Bilamana tuntutan kami tak digubris. Kami akan melanjutkan aksi ini hingga ke Kabupaten,” pungkasnya.

Sementara Camat Marikit, Siuntas yang coba dikonfirmasi via seluler, Selasa (23/5/2023) enggan mengangkat telepon.

Sedangkan Kepala Desa Sebaung, Jaruman yang diminta komentarnya terkait aksi itu, mengatakan masih mengadakan rapat sehubungan dengan aksi demo tersebut.

“Masih rapat Pak. Nanti kami hubungi lagi,” ujarnya seraya menutup telepon. (Dan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.