MENINGKAT KUNJUNGAN WISATA KE KALTENG

oleh -
oleh
MENINGKAT KUNJUNGAN WISATA KE KALTENG 1

Palangka Raya, Dayak News. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar)Kalimantan Tengah (Kalteng) DR.Guntur Taladjan,SH mengatakan, angka kunjungan wisata ke Provinsi Kalteng dengan julukan Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila ini mengalami peningkatan.

Hal itu diungkapkan kepada wartawan usai penyerahan gelar Duta Wisata nasional belum lama ini.

Duta Wisata dari Kalimantan Timur (Kaltim) terpilih sebagai Duta Wisata Nasional juara umum pada Grand Final Pemilihan Duta Wisata Indonesia Tingkat Nasional, akhir 2018 lalu.

Di posisi dua dan tiga, diraih perwakilan Bangka Belitung dan Jawa Timur.Sementara perwakilan Kalteng harus puas hanya bisa masuk lima besar.

Kendati belum meraih hasil terbaik, namun Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng Fahrizal Fitri menegaskan, Duta Wisata provinsi ini tetap punya tugas bersama dengan pemerintah dalam mempromisikan wisata yang ada di Kalteng, terutama wisata alam.

“Ya, apapun hasilnya, tetap ini tujuannya untuk wisata yang ada termasuk di Kalteng. Kerena tujuan utamanya memperkenalkan wisata yang ada di seluruh Indonesia. Kita juga patut bersyukur bisa masuk lima besar,” kata Fahrizal Fitri.

Dikatakan, pengembangan wisata di Kalteng terus dilakukan. Baru-baru ini pemerintah mengusulkan Taman Nasional Tanjung Puting di Kotawaringin Barat menjadi destinasi Bali Baru ke-11. Di sinilah peran dari pada Duta Wisata Kalteng, agar ikut mempromosikan destinasi wisata yang terkenal dengan hutan dan orangutan.

Untuk wilayah Kota Palangka Raya dan sekitarnya, pemerintah mengembangkan Taman Nasional Sebangau, yang akan digabungkan dengan objek lain seperti Taman Nasional Nyaru Menteng. Pengembangan wisata alam ini sekaligus untuk mendukung rencana penetapan Kalteng sebagai ibu kota paru-paru dunia.

“Upaya pemerintah ini tentunya harus didukung semua pihak, baik masyarakat, swasta dan mereka yang ada di duta wisata itu. Sejauh ini, dari sisi promosi dan pengembangan sudah bagus, tinggal bagaimana dilanjutkan saja,” ucapnya.

BACA JUGA :  Bhabinkamtibmas Kelurahan Kuala Jelai, Cek Dan Monitoring Minyak Goreng Dan Sembako di Bulan Suci Ramadhan

Kepala Disbudpar Kalteng,Guntur Taladjan mengatakan, duta wisata punya peran yang cukup strategis karena tidak hanya mempromosikan, namun juga dituntut mampu mengajak masyarakat sadar wisata.

Terlepas dari hasil yang diperoleh dalam Pemilihan Duta Wisata Indonesia, Guntur memastikan hal tersebut tidak akan memengaruhi promosi wisata di Kalteng. Data kunjungan wisatan ke provinsi ini tercatat mengalami peningkatan, dan akan terus dipertahankan yang tentunya melalui peningkatan akses menuju lokasi wisata yang difavoritkan.

“Pemerintah tentunya tidak hanya bicara soal sarana dan prasarananya, tapi soal akses juga menjadi perhatian. Semuanya itu menyangkut kenyamana, tidak hanya wisatawan namun masyarakat di sekitarnya. Inilah yang terus diupayakan ke depan,” pungkasnya. (Dayak News/PR/BBU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.