MENINGKAT PENGIRIMAN BARANG MELALUI ANGKUTAN SUNGAI DI KALBAR

oleh -23 views

PONTIANAK, 17/5/19 (Dayak News). Dua pekan menjelang perayaan hari raya idul fitri, jasa pengiriman barang ke daerah pedalaman lewat jalur sungai di wilayah Kalimantan Barat (Kalbar) mulai mengalami peningkatan. Pengiriman barang melalui jalur sungai menjadi salah satu pilihan bagi warga yang tinggal di daerah pedalaman.

Hal itu dikatakan Suwandi salah seorang pengusaha jasa angkutan sungai tujuan Pontianak –Kabupaten Sanggau kepada wartawan pagi ini Jumat (17/5/19).

Ia mengatakan, sudah menjadi kebiasaan pada setiap menjelang hari besar keagamaan seperti lebaran maupun natal pengiriman barang lewat jalur sungai mengalami peningkatan.

Pengiriman barang lewat sungai ini dilakukan karena ada daerah atau kampung yang hanya bisa ditempuh dengan moda transportasi jalur sungai.

Hal ini dilakukan warga untuk memudahkan keluarga yang hendak pulang kampung untuk merayakan lebaran. Artinya warga terlebih dahulu mengirim barang yang hendak dibawa pulang kampung untuk merayakan lebaran.

Biasanya satu minggu menjelang perayaan lebaran pihaknya sudah tidak menerima pengiriman barang lagi. Karena pesanan pengiriman barang biasanya sudah penuh dan terkadang harus menambah armada.

Selain itu pihaknya juga sudah fokus untuk menganggkut penumpang dan barang. Jadi bagi warga yang hendak pulang kampung menggunakan jalur sungai maka barang yang dibawa akan batasi.

Dikatakan demikian karena untuk pengiriman barang ini, pihaknya secara khusus menyediakan satu unit spead boat dan sudah dimulai pada awal ramdhan. Pada hari biasanya speed boat ini dipergunakan untuk mengakut penumpang dan bukan barang.

Selain peningkatan pengiriman barang, beberapa hari terakhir ini juga terjadi peningkatan jumlah penumpang dari kota Pontianak menuju pedalaman. Peningkatan penumpang ini jauh lebih besar dimana setiap pemberangkatan speed boat selalu penuh penumpang .

BACA JUGA :  PEMPROV KALBAR – KALTENG SIAP SELESAIKAN MASALAH BATAS WILAYAH

Pihaknya mengharapkan kondisi perekonomian Kalbar semakin membaik, sehingga warga masyarakat dapat dengan senang dan tenang untuk merayakan lebaran dikampung halaman. Sebab libur kerja untuk perayaan lebaran termasuk cukup panjang sehingga banyak warga yang pulang kampung untuk merayakan lebaran.

Pihaknya juga menghimbau kepada warga yang bendak pulang ke kampung halaman hendaknya membatasi barang yang akan di bawa. Jika barnag yang dibawa terlalu banyak, hendaknya barangnya dikirim sebelum lebaran.(Dayak News/SOS/BBU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *