POLDA KALBAR SIAP MENGHADAPI PELAKSANAAN PILKADA 2020

oleh -4 views

PONTIANAK, 13/3/2020 (Dayak News). Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Barat (Kalbar) Irjen Pol R Sigit Tri Hardjanto mengatakan, Polda Kalbar sudah menyiapkan acuan kerja dalam penanganan dan pengamanan pelaksanan Pilkada serentak tahun 2020.

Seperti diketahui bahwa indeks kerawanan pemilu yang dikeluarkan Bawaslu dan Mabes Polri terdapat beberapa daerah di Kalbar dinilai berkategori rawan.

Hal itu dikatakan Kapolda Kalbar Irjen Pol Dr. R Sigid Tri Hardjanto, SH.,MSi kepada wartawan Jumat (13/3/2020).

Ia mengatakan, indeks kerawanan pemilu yang dikeluarkan oleh Bawaslu dan Mabes Polri harus menjadi acuan kerja dan referensi dalam melaksanakan tugas pengamanan. Namun hal itu jangan menjadikan kita panik dan kalau masuk kategori rawan tinggi, dan kita janga “underestimate” bila berada di zona hijau” .

Berdasarkan data Bawaslu Pilkada Kabupaten Sambas berada di level 6 kategori rawan tinggi.

Sedangkan Mabes Polri menempatkan Pilkada Ketapang dan Melawi pada kategori rawan dan daerah yang lainnya berkategori kurang rawan.

Ia menambahkan, dirinya sudah melakukan pengecekan kesiapan personelnya hingga ditingkat daerah khususnya yang melaksanakan Pilkada. Semua Polres sudah dikunjungi dan bertemu secara langsung dengan personel untuk memberikan arahan dan mengecek sarana dan prasarana dalam rangka menunjang pelaksanaan tugas.

Selain itu pihaknya juga sudah bertemu secara langsung dengan para tokoh masyarakat dan juga merangkul para tokoh masyarakat dan meminta dukungan agar turut menciptakan kondusifitas keamanan di masyarakat terutama menjelang Pilkada serentak 2020. Hal ini penting karena para tokoh masyarakat memiliki peran yang sangat besar dalam menciptakan keamanan.[SOS/BBU].

BACA JUGA :  BARU SATU DESA MANDIRI DI KALBAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *