113.611 DPS DI KUBAR

oleh -133 views
113.611 DPS DI KUBAR 1

KUTAI BARAT, 16/9/2020 ( DAYAK NEWS ). Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) tidak lama lagi akan dilaksanakan secara serentak di Indonesia pada 9 Desember 2020 yang akan datang. Dan sebagai persyaratan bagi penyelengara Pemilu antara lain ialah Daftar Pemilih yang berhak memilih atau memiliki hak suara dalam Pilkada nanti harus terdata dengan baik.

Guna pemuktahiran data pemilih pada Pilkada 2020 nanti, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kutai Barat (Kubar), menggelar rapat pleno penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk wilayah Kabupaten Kubar. Rapat pleno tersebut berlangsung di Hotel Sidodadi, Kelurahan Simpang Raya, Kecamatan Barong Tongkok, (14/9/2020).

Rapat penetapan DPS yang dihadiri oleh para komisioner KPUD Kubar bersama dengan perwakilan anggota PPK dari 16 kecamatan yang ada di Kubar tersebut pun berjalan dengan lancar. Selanjutnya hasil rapat pleno akan diumumkan kembali ditingkat PPS . Ini sebagai upaya agar bisa mendapat berbagai masukkan dari masyarakat sebelum akhirnya ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

113.611 DPS DI KUBAR 2

“Dengan sudah ditetapkan nya Daftar Pemilih Sementara (DPS) sebanyak 113.661 jumlah pemilih. Yang terbagi di 390 TPS dari 190 Kampung dan 4 Kelurahan yang ada di wilayah Kubar,” kata Komisioner KPUD Kubar Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Laurensius Lejau.

“Kita harapkan setelah diumumkan ke tingkat PPS akan mendapat banyak saran dan masukkan dari masyarakat untuk perbaikan. Pengumumannya dilaksanakan mulai tanggal 15 September,” ucapnya.

Setelah DPS tersebut diumumkan, jika ada saran dan masukkan untuk perbaikan maka akan di lakukan pleno kembali di tingkat Kabupaten. Pleno tersebut untuk menetapkan DPS menjadi DPT yang mungkin akan memakan waktu cukup lama jika banyak terdapat perbaikan sebelum akhirnya disahkan menjadi DPT, tambah Lejiu.

“Proses telah kita lakukan sesuai tahapan dengan penuh ketelitian, sebab ini sangat menentukan jumlah logistik pemilu yang nantinya akan didistribusikan untuk wilayah Kubar. Sebelum pelaksanaan pilkada pada bulan Desember mendatang, semua harus sudah oke,” pungkasnya (JHY/BBU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *