BUPATI DAN WABUP MAHULU SAMBUT KEDATANGAN KAPOLDA KALTIM DI BUMI URIP KERIMAN

oleh -
BUPATI DAN WABUP MAHULU SAMBUT KEDATANGAN KAPOLDA KALTIM DI BUMI URIP KERIMAN 1

Mahakam Ulu (Dayak News) – Bupati, Bonifasius Belawan Geh, SH dan Wakil Bupati, Drs. Yohanes Avun, M.Si berserta Forkopimda Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) menyambut kedatangan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Timur (Kaltim), Irjen Pol Drs. Herry Rudolf Nahak, M.Si beserta rombongan di pelabuhan Ujoh Bilang.

Setibanya orang nomor satu di Kepolisian Daerah (Polda) Kaltim, di Kabupaten termuda se-Kaltim ini, langsung disambut dengan ritual adat “Napoq” atau upacara penyambutan tamu. Kegiatan ini dipimpin oleh sesepuh masyarakat adat suku Dayak Bahau yang ada di Kabupaten Mahulu, Kamis (25/11/2021).

Pukulan gong turut mengiringi kedatangan Irjen Pol Drs. Herry Rudolf Nahak, M.Si beserta rombongan. Kemudian dengan perlahan rombongan Kapolda Kaltim memasuki permukiman warga dan berhenti di bawah gapura dermaga untuk mengikuti prosesi ritual adat, sebelum melanjutkan perjalanannya.

“Ritual adat “Napoq” ini biasanya dilakukan oleh masyarakat adat di Mahulu untuk menyambut orang yang baru datang di Bumi Urip Keriman. Acara ini dilakukan agar tamu yang datang atau berkunjung selalu sehat, selamat serta dijauhkan dari marabahaya”.

BUPATI DAN WABUP MAHULU SAMBUT KEDATANGAN KAPOLDA KALTIM DI BUMI URIP KERIMAN 2

Ini adalah suatu kebiasaan dan sudah menjadi kearifan lokal dari daerah ini, ucap Herynimus Huvang (48), salah seorang masyarakat yang ditanya wartawan dayaknews.com terkait ritual adat “Napoq”.

“Menurut adat kami, sebagian besar makna dari ritual ini ialah untuk membersihkan segala macam penyakit yang tidak baik. Sehingga yang kami terima di sini dalam keadaan sehat dan bersih serta jauh dari bahaya,” terangnya.

“Ini adalah sebuah ketulusan masyarakat di Mahulu dalam menyambut kedatangan beliau (Kapolda) berserta rombongan. Agar bapak Kapolda beserta rombongan selalu dalam keadaan sehat dan tiada kurang satu apapun,” pungkasnya.

Untuk kita ketahui bersama kedatangan Kapolda bersama para pejabat perwira Polda Kaltim di Bumi Urip Keriman untuk yang pertama kalinya.

Dan ini juga sesuai dengan janji Kapolda kepada Bupati Kabupaten Mahulu beberapa waktu lalu. Bahwa akan berkunjung di Kabupaten yang berbatas langsung dengan Negara tetangga Malaysia Timur (JHY).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.