DPC PSHT CABANG KUBAR PUSAT MADIUN, SAHKAN 225 ORANG WARGA BARU TINGKAT 1

oleh -
oleh
DPC PSHT CABANG KUBAR PUSAT MADIUN, SAHKAN 225 ORANG WARGA BARU TINGKAT 1 1

KUTAI BARAT, 29/9/19 ( DAYAK NEWS ). Perguruan pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Kutai Barat (Kubar), pusat Madiun secara resmi mengesahkan Warga Baru Tingkat 1 sebanyak 225 orang. Acara pengesahan warga baru tingkat 1 DPC PSHT Cabang Kubar tahun 2019 dilaksanakan di Gedung Balai Pertemuan Umum (BPU) Tanaa Purai Ngeriman, Sendawar, Sabtu (28/9/19) dan dihadiri ribuan warga PSHT se-Kubar.

Hal itu dilakukan perguruan pencak silat yang dipimpin Sang Dewan Pusat Isbiantoro dan Ketua Umum Moerdjoko, bertajuk ‘Wes Wayahe Kembang Terate Mekar.’ DPC PSHT Cabang Kubar, Pusat Madiun ini sebagai tradisi, dari tahun ke tahun terus meningkat jumlah warga PSHT yang dilantik atau disahkan.

Dalam keterangan persnya, Ketua DPC PSHT Cabang Kubar, Suparlan menjelaskan, pengesahan 225 warga baru tingkat 1 ini dilaksanakan sesuai dengan apa yang telah mereka capai selama mengikuti latihan di setiap rantingnya. Dan malam ini yang dilantik berasal dari 10 ranting PSHT se-Kubar, terang Suparlan.

“Adapun yang disahkan sebagai warga baru Tingkat 1 tersebut, terdiri dari 196 pria dan 29 perempuan.”

Suparlan juga menambahkan bahwa, DPC PSHT Cabang Kubar berdiri sejak tahun 2010 yang lalu. Dan hingga saat ini setiap tahunnya terus bertambah warganya. Terakhir pada tahun 2018 lalu untuk jumlah warga PSHT Cabang Kubar sebanyak 1.525 orang, ditambah warga baru yang disahkan saat sekarang ini, maka Warga DPC PSHT Cabang Kubar, Pusat Madiun menjadi 1.750 orang, bebernya dalam keterangan pers kepada sejumlah awak media.

Ketua DPC PSHT Cabang Kubar, Suparlan juga berpesan kepada warga PSHT yang baru disahkan,agar memegang ajaran falsafah PSHT.

“Falsafah atau filosofi merupakan anggapan, gagasan, sikap batin yang paling dasar dan dimiliki setiap orang dalam mengarungi samudra kehidupan. Falsafah biasanya ditemukan sendiri ketik manusia mencoba mendalami makna hidup. Hal ini disebabkan falsafah sendiri memiliki makna dan pesan tersirat yang sangat dalam dan bermakna.”

“Falsafah juga diajarkan dari satu manusia ke manusia lain, dari satu kelompok ke anggota didalamnya.Ini bertujuan untuk mendidik manusia tersebut untuk meresapi dan mengerti makna dari kehidupan yang fana ini. Dengan meresapi makna dari falsafah manusia berharap akan menjadi pribadi yang memiliki budi pekerti yang luhur.”

Hadir dalam acara pengesahan warga baru Tingkat 1 PSHT Kubar, Bupati Kubar FX Yapan SH menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Perguruan pencak silat PSHT. Menurutnya, Pemkab Kubar berharap melalui agenda itu akan mampu meningkatkan komitmen meneguhkan persaudaraan dan persatuan masyarakat se-Kubar.

“Menumbuh kembangkan semangat berkarya, memajukan organisasi perguruan silat dan mendukung suksesnya pembangunan berkelanjutan di Bumi Tanaa Purai Ngeriman,” ungkapnya.

“Organisasi ini menunjukkan kepeduliannya mewujudkan masyarakat yang berbudi pekerti luhur, selalu menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan NKRI,” tegasnya.

Diakhir sambutannya, FX Yapan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat se-Kubar, atas sumbangsih dalam memajukan dan menyongsong hari esok Kubar yang lebih baik dari pada hari Ini.

“Seperti ikut memerangi stunting, narkoba, berita hoax, perduli dan tanggap bencana seperti karhutla. Terus tingkatkan pembinaan dan pengkaderan, mari jadikan PSHT selaku mitra pemerintah dalam menuju hidup yang lebih berkualitas dan sejahtera,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kubar, Syamsuniq juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran pengurus PSHT kabupaten Kubar dan warga PSHT yang telah bersinergi baik dengan pemerintah dan seluruh stakeholder.

“PSHT merupakan bagian dari cabang olahraga (cabor) Pencak Silat mampu berkembang dengan baik di Kubar. Terus jaga persatuan dan kesatuan, tingkatkan kinerja diri dalam PSHT Kubar untuk meraih prestasi, mengharumkan nama daerah dan organisasi,” pungkasnya.(Dayak News/JHY/BBU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.