HUT KUBAR KE-21 DILAKSANAKAN SECARA SEDERHANA DAN TANPA PESTA RAKYAT

oleh -149 views
HUT KUBAR KE-21 DILAKSANAKAN SECARA SEDERHANA DAN TANPA PESTA RAKYAT 1

KUTAI BARAT, 5/11/2020 (DAYAK NEWS). Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) yang ke 21 tahun, dirayakan secara sederhana dan tanpa pesta rakyat seperti tahun-tahun sebelumnya.

Ditengah kondisi pandemi COVID-19 saat ini, kegiatan perayaan HUT Kubar tahun 2020, dilaksanakan secara Live Streaming (virtual) oleh Pemerintah Kubar, Kamis (5/11/2020).

Pelaksanaan peringatan HUT Kubar dikemas dengan sidang Rapat Paripurna Istimewa Masa Sidang III DPRD Kubar. Dengan agenda mendengarkan pidato Pjs Bupati Kubar HM Syirajuddin, yang disiarkan secara virtual dari Balai Agung Aji Tulur Jejangkat (ATJ), Kantor Bupati di Sendawar.

HUT KUBAR KE-21 DILAKSANAKAN SECARA SEDERHANA DAN TANPA PESTA RAKYAT 2

Nampak terpantau wartawan dayaknews.com bahwa tak banyak anggota DPRD yang ikut hadir diruang sidang utama DPRD Kubar. Terlihat hanya ada 4 orang anggota DPRD Kubar, yang mengikuti sidang secara virtual. Yaitu Ketua DPRD Ridwai, anggota DPRD Minarsih, Agus Sofian, dan H Sopiansyah. Itu saja, entah dimana anggota DPRD Kubar lainnya.

“Selamat HUT Ke-21 Kubar dan DPRD Konsisten mendukung kuat pembangunan Kubar kedepan,” ucap Ketua DPRD Kubar, Ridwai kepada wartawan usai paripurna itu.

DPRD Kubar kedepan nya akan memberikan perhatian khusus, guna menguatkan pembangunan infrastruktur dibidang pendidikan dan kesehatan, tambahnya.

Percepatan pembangunan suatu daerah, modal utamanya adalah pendidikan dan kesehatan. Jumlah sekolah (SD dan SMP) di Kubar saat ini sudah cukup. Tersebar di 190 kampung, 4 kelurahan, pada 16 kecamatan.

HUT KUBAR KE-21 DILAKSANAKAN SECARA SEDERHANA DAN TANPA PESTA RAKYAT 3
Ketua DPRD Kubar, Ridwai

“Dengan modal SDM yang mumpuni serta ditunjang Sumber Daya Alam (SDA) melimpah, ini pasti akan mensejahterakan masyarakat,” ungkap Ketua DPRD.

“Demikian juga dibidang kesehatan akan terus kita dukung, agar terciptanya masyarakat yang makin produktif, untuk mendukung pembangunan daerah,” jelas Ridwai .

“Kedepan hanya perlu penambahan pembangunan sarana prasarana penunjang. Begitu juga dengan sarana prasarana kesehatan masyarakat,” imbuhnya.

Ketika ditanyakan awak media terkait Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kubar, Ketua DPRD Kubar mengatakan bahwa ABPD Kubar memang setiap tahun terus mengalami kenaikan.

“Sebelum pandemic COVID-19, APBD Kubar pernah menyentuh angka Rp 2,6 triliun. Karena COVID-19, mengakibatkan penerimaan Dana Bagi Hasil (DBH) Kubar menurun,” terang Ridwai.

APBD Kubar 2021 yang semula telah ditetapkan sebesar Rp 2,4 triliun. Namun karena Kondisi COVID-19, serta adanya Instruksi pusat, agar ada rasionalisasi, akhirnya harus berkurang.

“Kemungkinan besar APBD Kubar 2021 hanya Rp 2,1 triliun. Tapi dengan usia 21 tahun ini, Kubar akan mampu membangun dengan baik,” pungkas Ketua DPRD Kubar.

Kurun 4 tahun terakhir, banyak capaian pembangunan oleh Pemkab Kubar. Hal itu bisa terlaksana karena melihat kebutuhan masyarakat, bukan semata kepentingan.

Selanjutnya, Pejabat sementara (Pjs) Bupati Kubar, HM Syirajuddin mengajak seluruh lapisan masyarakat serta stakeholder, didalam momentum HUT Kubar Ke-21 agar saling menguatkan, semangat dan menjaga kondusifitas.

“Bersama meningkatkan sinergitas dalam membangun Kubar. Mulai dari pemerintah, instansi vertikal, masyarakat, dan seluruh stakeholder,” ungkap Pjs Bupati Kubar, HM Syirajuddin, usai pemotongan tumpeng di HUT Kubar Ke-21 di Balai Agung ATJ, Sendawar.

“Jaga kondusifitas kamtibmas serta kita dukung Pilkada Kubar 2020 yang tetap aman dan damai,” urainya.

Dan hingga saat ini kita ketahui bahwa pandemi COVID-19 masih berlangsung. Pemkab Kubar telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk penanganan masalah tersebut.

“Masyarakat dan seluruh pihak diminta tetap menguatkan protokol kesehatan. Guna mencegah dan memutus rantai peredaran COVID-19,” tambah Syirajuddin.

“Saya ucapkan Dirgahayu, Bumi Tanaa Purai Ngeriman,”tandas Pjs Bupati Kubar HM Syirajuddin (JHY/Den).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *