KODIM 1015/SPT BANTU PERCEPATAN PEMBANGUNAN DESA MELALUI TMMD

oleh -
oleh
KODIM 1015/SPT BANTU PERCEPATAN PEMBANGUNAN DESA MELALUI TMMD 1
Komandan Kodim 1015/Spt Letkol CZI Akhmad Safari saat pengecekan lokasi kegiatan TMMD Reguler ke-109 di Kecamatan Pulau Hanaut

Sampit, 23/9/2020 (Dayak News).  Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-109 di Kecamatan Pulau Hanaut Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah menjadi salah satu upaya Kodim 1015/Spt membantu percepatan pembangunan desa demi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Komandan Kodim 1015/Spt Letkol CZI Akhmad Safari menjelaskan, TMMD ke-109 dilaksanakan di Desa Bapinang Hilir dan Desa Babirah Kecamatan Pulau Hanaut pada 22 September hingga 21 Oktober 2020. Tema yang diangkat adalah “Melalui TMMD kita tingkatkan kebersamaan gotong-royong dalam kehidupan berbangsa dan bernegara”.

“Kami berharap kegiatan TMMD ke-109 ini bisa turut membantu percepatan pembangunan di daerah perdesaan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” harap Akhmad Safari.

Menurutnya, kegiatan TMMD Reguler Ke 109 merupakan salah satu bagian dari Program Bakti TNI yang dilaksanakan oleh Satkowil jajaran Kodim 1015/Spt. Kegiatan ini ditujukan untuk membantu mengatasi dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat dengan tetap memperhatikan kemampuan satuan dan kondisi masyarakat serta pemilihan objek kegiatan yang dirasakan lebih bermanfaat.

Prioritas kegiatan adalah memperbaiki jembatan yang layak pakai di desa lokasi kegiatan. Ini merupakan wujud kepedulian TNI kepada masyarakat kurang mampu melalui program TMMD guna menciptakan dan memantapkan Kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka mendukung tugas pokok TNI dengan tidak mengurangi kesiapsiagaan satuan dalam menjaga dan mempertahankan NKRI.

Akhmad Safari juga menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan dalam TMMD tidak hanya dalam bentuk fisik, tetapi juga nonfisik. Selain itu ada beberapa sasaran yang ingin dicapai dalam kegiatan yang berlangsung selama sebulan tersebut.

Sasaran yang ingin dicapai yaitu membantu percepatan Pembangunan di daerah pedesaan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Mewujudkan kemampuan perencanaan, pengawasan dan pengendalian kegiatan TMMD Reguler ke-109 tahun anggaran 2020 yang berhasil, berdaya dan tepat guna membantu percepatan pembangunan di daerah perdesaan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Memantapkan keterpaduan dan persamaan visi, misi serta persepsi antara TNI, pemerintah daerah, instansi terkait dan masyarakat dalam pembangunan nasional di daerah melalui kegiatan TMMD Reguler ke-109 tahun anggaran 2020.

Memantapkan kegiatan komunikasi sosial dengan pemerintah daerah, DPRD, instansi terkait dan masyarakat dalam rangka mengoptimalkan dukungan guna mewujudkan kegiatan TMMD Reguler ke-109 tahun anggaran 2020.

Selain itu untuk mengembangkan dan memantapkan partisipasi masyarakat setempat dalam mendukung kegiatan TMMD Reguler ke-109 tahun anggaran 2020.

Sasaran lainnya yaitu agar masyarakat memahami tentang wawasan kebangsaan, kesadaran hukum dan tata tertib, pengetahuan tentang narkoba dan memperoleh pengetahuan tentang kehutanan dan pertanian melalui kegiatan penyuluhan dalam rangka mewujudkan ketahanan wilayah.

Memantapkan metode pembinaan teritorial guna merebut hati dan pikiran rakyat dalam rangka Kemanunggalan TNI-Rakyat untuk menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh di wilayah dalam mendukung sistem pertahanan negara.

“Untuk pemilihan sasaran ini, sebelumnya sudah disinergikan dengan program pembangunan desa disesuaikan dengan kesiapan pemerintah dalam memberikan dukungan anggaran,” pungkas Akhmad Safari. (PR/Den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.