KPUD KUBAR BUKA REKRUTMEN ANGGOTA KPPS, DENGAN SYARAT KHUSUS

oleh -86 views
KPUD KUBAR BUKA REKRUTMEN ANGGOTA KPPS, DENGAN SYARAT KHUSUS 1

KUTAI BARAT, 13/10/2020 ( DAYAK NEWS ). Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) membuka rekrutmen anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), sebagai petugas di Tempat Pemilihan Suara (TPS) pada pemilihan calon Bupati dan Wakil Bupati (Pilkada) tahun 2020.

Kabupaten Kubar memiliki 16 Kecamatan, 190 Kampung atau Desa dan 4 Kelurahan. Meski belum dijabarkan secara pasti jumlah anggota KPPS yang akan direkrut pada Pilkada tahun ini, disetiap TPS akan diisi oleh 7 anggota KPPS.

Didalam tahapan perekrutan anggota KPPS terdapat persyaratan-persyaratan khusus yang harus dipenuhi oleh setiap peserta, salah satunya adalah berpendidikan minimal SMA atau sederajat.

Ketua KPUD Kabupaten Kutai Barat, Arkadius Hanye mengatakan anggota KPPS tersebut nantinya akan ditugaskan di masing-masing TPS yang ada, ujarnya saat ditemui wartawan di Kantornya (12/10/2020).

“Saat ini kita masih dalam proses rekrutmen anggota KPPS, pendaftaran dibuka secara luas. Tapi tetap mengikuti prosedur yang ada,” bebernya

“Nanti tanggal (23/10/2020) ini baru kita tahu persis berapa jumlahnya, yang jelas setiap TPS akan diisi 7 orang anggota KPPS, itu nanti satu yang merangkap jadi ketua,” ucap Arkadius Hanye.

“Salah satu syaratnya itu berusia minimal 20 tahun kemudian maksimal 50 tahun dan berpendidikan minimal SMA,” terangnya.

Di dalam juknis perekrutan KPPS juga ada catatan kalau itu mutlak harus SMA, memang ada satu catatan disitu yang kita garis bawahi yaitu mampu membaca dan menulis. Dan itu bukan hanya KPUD Kubar yang mencari, tetapi saksi dari pasangan calon ini kan perlu juga. Namun ini tidak bisa dirangkap jabatannya, contohnya dia saksi Paslon, tapi merangkap juga KPPS itu tidak bisa,” bebernya

“Ditambahkannya, dalam perekrutan anggota KPPS, sesuai dengan aturannya tidak diperbolehkan adanya peserta dari partisan atau anggota partai ataupun tim kampanye pemenangan paslon,” pungkas Ketua KPUD Kubar (JHY/BBU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *