PROGRAM DEMPLOT KTNA MAHULU DIDUKUNG PENUH OLEH DKPP

oleh -
PROGRAM DEMPLOT KTNA MAHULU DIDUKUNG PENUH OLEH DKPP 1
Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Mahakam Ulu, Saripudin, SE.

Mahakam Ulu (Dayak News) –Program ketahanan pangan yang dikerjakan oleh Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Mahakam Ulu (Mahulu) mendapat dukungan penuh dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Mahulu, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Program penggelolaan Demontration Plot (Demplot) lahan ladang dan basah seluas 8 (delapan) hektare di Kampung Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun dilaksanakan oleh KTNA Mahulu.

Menanggapi program tersebut, Kepala DKPP Kabupaten Mahulu, Saripudin SE mengatakan bahwa pihaknya mendukung penuh, pengelolaan demplot lahan ladang padi gunung dan padi sawah yang dikelola oleh KTNA Mahulu diatas lahan satu hamparan.

PROGRAM DEMPLOT KTNA MAHULU DIDUKUNG PENUH OLEH DKPP 2
Lahan ladang padi gunung dan lahan basah, demplot KTNA Kabupaten Mahakam Ulu di Kampung Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, telah ditanami padi. (Foto : KTNA/DKPP Mahulu)

“Inilah harapan kita semua, dan peran aktif KTNA diharapkan menjadi penyalur aspirasi petani dalam keikutsertaan menentukan kebijakan pemerintah di bidang pertanian untuk ketahanan pangan,” terang Saripudin kepada wartawan, Senin (15/11/2021).

Kepala DKPP Kabupaten Mahakam Ulu juga mengatakan bahwa, demplot ladang padi gunung dan padi sawah yang dibuat oleh KTNA, dapat berfungsi sebagai percontohan utama bagi petani se-Mahulu.

“Sebagai metode penyuluhan kepada petani lahan kering (peladang) dan lahan basah (sawah),” harap Kepala DKPP Mahulu, Saripudin, SE.

Sementara itu, Ketua Umum KTNA Kabupaten Mahakam Ulu, Bonifasius Belawan Geh SH, melalui Wakil Ketua I sekaligus Ketua Pelaksana Harian KTNA Mahulu, Jentra SH mengungkapkan, bahwa KTNA berfungsi sebagai motivator bagi petani.

PROGRAM DEMPLOT KTNA MAHULU DIDUKUNG PENUH OLEH DKPP 3
Ketua Pelaksana Harian KTNA Kabupaten Mahulu, Jentra, SH.

“Ini untuk memotivasi petani agar bisa mengelola lahan pertanian dengan baik dan benar sesuai petunjuk pertanian modern. Sehingga mampu mendapatkan hasil secara maksimal,” ujar Jentra, Selasa (16/11/2021)

“Demplot pertanian yang dibuat oleh KTNA Mahulu di Kampung Ujoh Bilang, sebagai percontohan bagi petani lainnya,” tambahnya.

“Untuk pupuk, kami menggunakan pupuk organik (pupuk kandang). Dan bibit padi kita ditanam sesuai dengan rekomendasi dari Dinas Pertanian,” beber Ketua Pelaksana Harian KTNA Mahulu.

Kita menargetkan, demplot ladang tersebut sukses dengan hasil panen maksimal. Bahkan jika demplot itu berhasil panen dengan baik, dipastikan akan bisa menjual produk kemasan beras Mahulu.

“Jika program demplot ladang itu berhasil dalam panen, maka kita akan menjual beras organik produksi Mahakam Ulu dalam bentuk kemasan,” urainya.

PROGRAM DEMPLOT KTNA MAHULU DIDUKUNG PENUH OLEH DKPP 4
Lahan ladang padi gunung dan lahan basah, demplot KTNA Kabupaten Mahakam Ulu di Kampung Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, telah ditanami padi. (Foto : KTNA/DKPP Mahulu)

Selanjutnya, agar mindset (pola pikir) petani bisa maju dan berubah. Yang selama ini petani berhasil panen padi ladang dalam jumlah besar, disimpan untuk makan satu tahun saja.

“Kita harus merubah cara yang ada, serta mengikuti pola petani maju di Pulau Jawa, Sumatera, dan Sulawesi. Dari hasil panen padi (gabah) ataupun berasnya bisa dijual. Uangnya digunakan untuk membeli makanan perhari. Sehingga perputaran ekonomi berjalan terus,” imbuhnya.

“Jika hasil demplot itu maksimal, maka akan dikembangkan sesuai program Bupati Mahulu, Bonifasius Belawan Geh. Yaitu mendukung dalam program pembukaan atau pengelolaan lahan 10 hektare per kampung, pada 50 kampung di 5 kecamatan se-Mahulu,” pungkas Jentra. (JHY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.