TIM A SMAN 1 LONG BAGUN JUARA PADA PEMILIHAN DUTA PELAJAR SADAR HUKUM SE- KABUPATEN MAHULU TAHUN 2020

oleh -94 views
TIM A SMAN 1 LONG BAGUN JUARA PADA PEMILIHAN DUTA PELAJAR SADAR HUKUM SE- KABUPATEN MAHULU TAHUN 2020 1

KUTAI BARAT, 22/10/2020 ( DAYAK NEWS ). Salah satu tim perwakilan Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Long Bagun yang mengikuti pemilihan duta pelajar sadar hukum jenjang SMA sederajat berhasil keluar sebagai juara 1. Pada kegiatan yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Grand Family, Kecamatan Barong Tongkok, Kutai Barat (21/101/2020).

Penyelenggaraan pemilihan duta pelajar sadar hukum ini adalah program khusus Kejaksaan Tinggi (Kejati) yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Dan diikuti oleh 3 tim yang menjadi perwakilan pelajar se- Kabupaten Mahulu,

Dalam pemilihan tersebut dan berdasarka penilaian dari dewan juri maka, pasangan Julius Aldorus Ngo dan Victoria Julianti Siska Ubeq, dengan makalah yang berjudul “Perspektif Generasi Milenial Sebagai Generasi Sadar Hukum” berhasil mengalahkan pasangan dari SMAN 1 Long Pahangai dan tim B SMAN 1 Long Bagun.

Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi (Wakajati) Kaltim, DR H Supardi SH MH mengatakan, ini adalah program yang pertama kali kita lakukan di seluruh Kabupaten/Kota se- Kaltim, ucapnya saat diwawancara wartawan dayaknews.com seusai membuka acara tersebut.

TIM A SMAN 1 LONG BAGUN JUARA PADA PEMILIHAN DUTA PELAJAR SADAR HUKUM SE- KABUPATEN MAHULU TAHUN 2020 2

“Tujuan utama dari kegiatan ini adalah kita mencoba untuk memimbing anak – anak atau pelajar, agar menjadi sadar hukum,” bebernya.

“Kedepannya pelajar yang sudah mengerti hukum, akan menjadi model dan agen perubahan dibidang hukum bagi teman – teman dan masyarakat disekitarnya. Kita akan pancing mulai sejak SMA agar mereka mencoba untuk mulai membaca masalah atau persoalan hukum,” beber Wakajati.

“Dengan harapan, seandainya nanti mereka tertarik menjadi seorang sarjana hukum, dia akan benar –benar bisa diharapkan oleh masyarakat didalam penegakkan hukum,” terang DR H Supardi SH MH.

Didalam hal ini juga, Wakajati Kaltim, DR H Supardi SH MH berharap adanya kepedulian dari Pemerintah Daerah melalui Dinas Pendidikan di seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Kaltim.

“Ini demi kemajuan daerah masing – masing, guna membentuk generasi mendatang yang benar – benar sadar hukum dan memunculkan bibit baru yang akan berguna bagi nusa dan bangsa, serta menjadi kebanggan bagi daerahnya,” tandas Wakajati Kaltim (JHY/BBU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *