16 POLSEK DIWILAYAH HUKUM POLDA KALTENG TAK LAGI LAKUKAN PENYIDIKAN

oleh -19 views
16 POLSEK DIWILAYAH HUKUM POLDA KALTENG TAK LAGI LAKUKAN PENYIDIKAN 1
Salah satu Polsek yang ditetapkan tidak lagi melakukan Penyidikan.

Palangka Raya (Dayak News) – Sebanyak 16 Polsek Jajaran diwilayah Hukum Polda Kalteng Pertanggal 23 Maret 2021 tidak bisa lagi melakukan Penyidikan terhadap sebuah kasus sesuai Surat Keputusan Kapolri Nomor : Kep/613/III/2021 tentang penunjukan Kepolisian Sektor (Polsek) Hanya untuk Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat pada daerah tertentu (tidak lagi melakukan penyidikan).

Hal tersebut diungkapkan Kombes Pol Kismanto Eko Saputro selaku Kabid Humas Polda Kalteng, Rabu (31/03) Siang.

Menurut Kismanto, dari Surat Perintah tersebut ada 16 polsek jajaran diwilayah Polda Kalteng yang kedepannya tidak akan lagi melakukan Penyidikan tersangka, diantaranya Polsek Awang di Barito Timur, Polsek Pelabuhan Sampit di Kotim, Polsek Sei Sampit, Polsek Hanut, Polsek Balai Riam Sukamara.

“Selain itu ada Polsek Kuala Jelai, Polsek Pantai Lunci, Polsek Delang, Polsek Lamandau, Polsek Gunung Timang Barito utara, Polsek Gunung Purai, Polsek Bukit Sawit, Polsek Katingan Kuala , Polsek Mendawai, polsek Tasik Payawan, dan yang terakhir Polsek kahayan hulu utara yang berada dikabupaten Gunung mas,” Beber kabid humas lanjut.

Dari hasil surat keputusan tersebut, 16 Polsek tersebut akan tetap bisa melakukan penyidikan atau sebagai Pembantu Penyidik diawal terhadap pelaku dan tersangka namun untuk proses penyidikan lanjut dan untuk laksanakan putusan diserahkan kepada Polres dimana polsek tersebut berada.

“Setelah dilakukan Analisa, terkait 16 polsek tersebut kenapa tidak diperbolehkan melakukan penyidikan karena Tingkat kriminalitas di wilayah kerja polsek tersebut rendah atau dalam setahun hanya ada 1-2 Laporan kepolisian saja atau lebih singkatnya Zero crime,” jelas Kabid Humas lanjut.

Selain itu, lanjut Perwira melati tiga tersebut, jarak antara Polsek dengan Polres menjadi pertimbangan kenapa akhirnya penyidikan dilimpahkan ke Polres setempat. (AJn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *