DISPURSIP KALTENG GELAR UJI COBA ADAPTASI KEBIASAAN BARU BAGI PEMUSTAKA

oleh -9 views
DISPURSIP KALTENG GELAR UJI COBA ADAPTASI KEBIASAAN BARU BAGI PEMUSTAKA 1

Palangka Raya (Dayak News) – Sudah lama pandemi Covid-19 melanda dunia, khususnya Indonesia yang saat ini terjadi lonjakan kasus sepanjang bulan ini. Dampak yang ditimbulkan tidak hanya memunculkan keresahan yang signifikan di bidang ekonomi, sosial, pariwisata bahkan sistem kinerja pemerintahan pun ikut terdampak.

Produktifitas merupakan kunci kemajuan bangsa, termasuk di saat pandemi Covid-19 seperti sekarang.
Adaptasi kebiasaan baru adalah sebuah mekanisme moderasi agar kita tetap bisa produktif dan berkarya tanpa harus dikalahkan pandemi. Seperti halnya, Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah yang tengah melakukan uji coba adaptasi kebiasaan baru, mulai Kamis, 15 Juli 2021.

Sejalan dengan visi-misinya, Dispursip Kalteng berusaha memberikan pelayanan prima kepada pemustaka walaupun dimasa seperti ini. Ada layanan-layanan baru yang diluncurkan, antara lain adalah pembuatan kartu anggota online, peminjaman buku online, dan penelusuran buku Online Public Access Catalog (OPAC).

Tata cara pinjam buku online meliputi, Pemustaka mencari buku yang dicari dengan akses OPAC lewat gawai masing-masing di website dinas, dispursip.kalteng.go.id, untuk mengetahui apakah buku yang dicari tersedia di Perpustakaan Kalteng. Kemudian, Pemustaka menghubungi via WA untuk peminjaman buku 0822 5056 9900.

Selanjutnya Operator membalas dengan mengirimkan form peminjaman buku. Kemudian, Pemustaka mengisi form peminjaman buku dan mengirimkan kembali ke operator dan Operator membalas mengenai waktu pengambilan pesanan bukunya. Selanjutnya, Pemustaka mengambil buku yang sudah disiapkan petugas pada waktu yang sudah ditentukan.

Sedangkan cara pembuatan kartu anggota baru adalah sebagai berikut, Pemustaka mengakses website dispursip.kalteng.go.id, dan masuk ke link i-kartu pembuatan kartu. Kemudian, pemustaka mengisi form pembuatan kartu dan melengkapi data isian. Setelah melengkapi isian dan menguploadnya, pemustaka menghubungi via WA untuk pembuatan kartu 0822 5056 9911. Setelah itu, Operator akan membalas setelah pengecekan isian form di website, dan memberitahukan estimasi kapan waktu untuk bisa mengambil kartu fisik.

Untuk Peminjaman Buku Online bisa dipesan mulai pukul 08.00 – 11.00 WIB dan diambil mulai pukul 14.00 WIB – 15.30 WIB hari yang sama. Apabila peminjaman buku dilakukan setelah pukul 11.00, buku akan disediakan hari berikutnya mulai pukul 09.00 WIB, selama hari kerja.

Plt. Kadispursip Prov. Kalteng, Luqman Alhakim mengatakan bahwa bentuk layanan baru ini merupakan uji coba sebagai adaptasi kebiasaan baru selama masa Pandemi Covid19, “Perpustakaan Kalteng berkomitmen tetap melayani kebutuhan pemustaka dalam masa pandemi, walau dengan pelayanan yang terbatas, ini untuk keamanan dan kesehatan bersama, sistem online ini juga upaya untuk mengurangi interaksi langsung antara petugas dengan pemustaka”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.