GUBERNUR DORONG NU KALTENG BANGUN UNIVERSITAS

oleh -
GUBERNUR DORONG NU KALTENG BANGUN UNIVERSITAS 1

Palangka Raya, 6/2/2021 (Dayak News). Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran memimpin prosesi peletakan batu pertama pembangunan Rumah Sakit (RS) Nahdlatul Ulama (NU) di Palangka Raya, Sabtu (6/2/2021) siang.

Di kegiatan ini, Gubernur berpesan agar Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NU Kalteng terus meningkatkan kiprahnya, termasuk di bidang pendidikan dengan membangun universitas.

Peletakan batu pertama pembangunan RS NU Kalteng yang berlokasi di sisi Jalan G Obos, Palangka Raya ini digelar serangkaian dengan pelaksanaan Konferensi Wilayah (Konverwil) NU, PW Gerakan Pemuda Ansor, PW Fatayat NU Kalteng, sekaligus peringatan hari lahir ke-95 organisasi NU.

Prosesi peletakan batu pertama pembangunan fasilitas layanan kesehatan ini dilakukan Ketua Pengurus Besar NU Pusat KH Marsudi Syuhud, Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo, Anggota DPR RI H Agustiar Sabran, Ketua PWNU Kalteng H Wahyudi F Dirun, dan Rais Aam Syuriah PWNU Kalteng KH Khairuddin Halim.

Dalam arahannya, Gubernur H Sugianto Sabran mengapresiasi kiprah NU di Kalteng sejak terbentuk hingga sekarang.
Sugianto juga menyambut baik dimulainya pembangunan rumah sakit NU pertama di Bumi Tambun Bungai ini. Sebab, penambahan fasilitas layanan kesehatan saat ini sangat kontekstual dengan kebutuhan masyarakat seiring dengan terjadinya pandemi Covid-19 termasuk di Kalteng.

“Covid-19 ini berbahaya. Terbukti di Kalteng sudah ada 400 orang meninggal dunia. Karena itu, penambahan rumah sakit sangat penting saat ini,” sebutnya.

Pejabat yang kembali terpilih sebagai gubernur untuk periode kedua ini berpesan agar kiprah positif demikian dapat diteruskan, bahkan ditingkatkan ke aspek pembangunan lainnya, termasuk bidang pendidikan.

“Saya berkomitmen untuk NU, coba kita cari lahan 200 sampai 500 hektare, kita bangun universitas (Perguruan Tinggi). Untuk dananya, Saya akan sampaikan ke Mendagri agar dapat dibantu APBD,” tandasnya.
Di kegiatan yang sama, Ketua PWNU Kalteng H Wahyudi F Dirun menyampaikan, pembangunan RS NU di Palangka Raya ini merupakan pengembangan dari Klinik Pratama NU yang telah dioperasikan hingga saat ini.

“Untuk fasilitas pendukung kita telah memiliki unit mobil ambulan, dan SDM tenaga medis. Di antaranya tiga dokter umum dab satu dokter gigi,” kata Wahyudi.

Ditambahkannya, dalam layanan kesehatan kepada masyarakat, klinik kesehatan yang akan menjadi rumah sakit ini telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. (sar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.