IMLEK, WARGA PALANGKA RAYA PADATI KLENTENG

oleh -
IMLEK, WARGA PALANGKA RAYA PADATI KLENTENG 1

Palangka Raya (Dayak News) – Perayaan Tahun Baru Imlek 2574 di Kota Palangka Raya terpantau lancar dan khidmad. Datangnya tahun “kelinci air” ini ditandai dengan banyaknya warga keturunan Tionghoa melaksanakan puja bakti di klenteng yang ada di Kota Palangka Raya, Sabtu (21/1/2023).

Dua klenteng yang ramai pengunjung adalah di Klenteng Cetiya Kiat Yan Si dan Vihara Avalokitesvara. Warga datang ke klenteng ini melakukan puja bakti sebagai ungkapan rasa syukur atas karunia kesehatan, keberhasilan, kemajuan spiritual, dan pencapaian lainnya.

Ketua Majelis Budhayana Indonesia (MBI) Kota Palangka Raya Koh Aphin yang hadir pada kegiatan tersebut menjelaskan, hari ini sudah ada beberapa kegiatan dilaksanakan warga keturunan Tionghoa.

“Mulai pagi biasanya dilakukan sembahyang perhormatan bagi leluhur. Kemudian pada sore harinya makan malam bersama dan dilanjutkan malam harinya melaksanakan puja bakti bersama umat-umat yang lain,” ujar Koh Aphin.

Dia melanjutkan, mendekati detik-detik menyambut tahun baru, pada pukul 00.00 WIB malam, warga melaksanakan sembahyang satu kali lagi untuk memohon agar di tahun baru lebih baik dibanding tahun sebelumnya, apa yang belum tercapai sebelumnya dapat tercapai di tahun ini.

“Pada malam hari ini adalah malam terakhir dihitung Kalender Lunar. Jadi, kami warga keturunan Tionghoa di manapun berada, dari beragam agama, merayakan Imlek yang kami sebut dengan Malam Sa Cap,” terang Koh Aphin.

Koh Aphin berharap, pada tahun 2574 ini Kota Palangka Raya senantiasa dalam kondisi aman, terkendali, dan toleransi antar umat bergama selalu terjaga dengan baik. “Saya selaku Ketua Majelis Budhayana Indonesia (MBI) Kota Palangka Raya, mewakili seluruh warga keturunan  Tionghoa mengucapkan Gong Xi Fa Cai, selamat tahun baru Imlek 2574,” pungkasnya. (din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.