INOVASI LITERASI GANDENG MILENIAL PEDULI PILKADA

oleh -21 views
INOVASI LITERASI GANDENG MILENIAL PEDULI PILKADA 1

Palangka Raya, 4/11/2020 (Dayak News). Empat puluh persen pemilih dalam Pilkada di Kalimantan Tengah Tahun 2020 adalah millennial, jumlahnya mencapai 600.000 orang dari 1,6 Juta Daftar Pemilih Tetap (DPT). Partisipasinya akan menentukan kualitas pesta demokrasi di Bumi Tambun Bungai, itu sebabnya Inovasi LIterasi Pekan ke 13, Rabu (4/11) akan mengajak para millennial untuk berbagi inspirasi menjaga Pilkada Damai, menyambut pilkada serentak 9 Desember 2020.

Inovasi Literasi merupakan kegiatan kerjasama Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah dengan Euroweek Indonesia yang dilaksanakan setiap hari Rabu pukul 15.00-17.00 WIB di Halaman Dispursip Kalteng. Kegiatan Inovasi Literasi bertujuan untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap literasi dan menyalurkan berbagai inspirasi melalui kreatifitas yang dimiliki masyarakat Kalimantan Tengah.

Inovasi Literasi Pekan ke-13 akan mengajak kaum milenial yang terdiri dari KPU Kota Palangkaraya,aktivis mahasiswa serta perkumpulan duta Kalimantan Tengah untuk bertukar pikiran, berdiskusi dan tanya jawab mengenai pilkada. Mengingat, pilkada akan segera dilaksanakan pada 9 Desember mendatang sudah semakin dekat.

INOVASI LITERASI GANDENG MILENIAL PEDULI PILKADA 2

Kegiatan inovatif yang juga dikoordinir oleh para milenial ini mengambil tema “Milenial Peduli Pilkada” yang akan disiarkan live melalui instagram @perpustakaankalteng. Tema ini diambil karena sebagai kaum muda hendaknya berpartisipasi dalam kegiatan Pilkada, diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat memotivasi kaum muda untuk menyuarakan pilihannya. Melihat hal tersebut, penyelenggaraan Pilkada 2020 menjadi keharusan pemuda dalam berperan aktif untuk mempertahankan kemurnian demokrasi. Di sini pemuda bisa terlibat langsung dalam penyelenggaraan Pilkada 2020.

Plt. Kepala Dispursip Kalteng, Sri Widanarni S.IP, M.Si menyambut baik setiap tema yang dipilih dalam Kegiatan setiap Rabu ini mengatakan bahwa Perpustakaan saat ini sedang menerapkan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial ”Perpustakaan bukan saja tentang buku dan baca saja, tapi harus jemput bola mengedukasi masyarakat secara langsung, termasuk dalam peningkatan literasi maupun kesejahteraan mansyarakat, itu inklusi sosial” Jelasnya.

“Dalam Pilkada 2020 kaum milenial harus berperan aktif dalam mewujudkan Pilkada yang sehat. Maka dari itu, dalam kegiatan Inovasi Literasi ini juga akan berbagi tips tangkal hoax Pilkada dan menyerukan Pilkada Damai. Keberanian dan keterbukaan sikap pemuda yang kritis bisa menjadi formula yang efektif di daerah untuk menangkal politik kotor” Kata Tiara Rossa, Ketua Panitia Inovasi LIterasi tentang tema yang dipilih pekan ke 13.

Narasumber berasal dari KPU Kota Palangka Raya yang diwakilkan oleh Ketua KPU Kota Palangka Raya, Dr. Ngismatul Choiriyah M.Pd.I. dan Ahkmad Ade Saputra selaku Ketua KPPD (Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi), beberapa aktivis mahasiswa serta perkumpulan duta Kalimantan Tengah. Kegiatan diterapkan sesuai protokol kesehatan yang berlaku agar tidak terjadi klaster penyebaran yang baru. Di akhir kegiatan, akan diadakan kuis dan pertanyan-pertanyaan yang dilontarkan tidak jauh dengan tema. Pemenang kuis berhak mendapatkan buku, dengan adanya awards buku diharapkan dapat meningkatkan minat baca kaum milenial. (PR/Den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *