KADIN KALTENG DAN DEKRANASDA SIAP JALIN KERJASAMA MEMAJUKAN UMKM

oleh -
KADIN KALTENG DAN DEKRANASDA SIAP JALIN KERJASAMA MEMAJUKAN UMKM 1
Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kalteng gelar pertemuan dengan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kalteng Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran, Kamis (10/6).

Palangka Raya (Dayak News) – Perkuat sinergi dan koordinasi dengan pemerintah dan stakeholder, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kalteng gelar pertemuan dengan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kalteng Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran, Kamis (10/6). Pertemuan tersebut dalam rangka koordinasi dan diskusi terkait kerjasama untuk memajukan serta mendukung pelaku kerajinan khas daerah Provinsi Kalteng.

Rombongan Kadin Kalteng dipimpin langsung oleh Ketua Umum Rahmat Nasution Hamka dan Ketua Dewan Pertimbangan HM Rizal serta didampingi Wakil Ketua, seperti Hasanuddin Noor, Suhardi, Alfian Batnakanti, Frans Martinus, Direktur Eksekutif Rusdi dan Humas Arjoni. Rombongan diterima langsung oleh Ketua Dekranasda Kalteng Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran didampingi Kadis Koperasi dan UMKM Ati Mulyati dan jajaran di kantor Dekranasda Kalteng.

“Kunjungan kami ke Dekranasda Kalteng dalam rangka silaturahmi, sinergi dan koordinasi terkait pengembangan usaha yang melibatkan pelaku kerajinan khas Kalteng dan juga pelaku UMKM. Koordinasi ini penting dan tidak hanya kali ini, kita sudah ke pemerintah daerah, Balai Wilayah Sungai dan instansi lainnya. Melalui silaturahmi dan koordinasi nanti bermuara pada sinergi dan kolabarosi membangun daerah, menuju Kalteng Semakin Berkah,” kata Ketua Umum Kadin Kalteng Rahmat Nasution Hamka (RNH) usai pertemuan.

KADIN KALTENG DAN DEKRANASDA SIAP JALIN KERJASAMA MEMAJUKAN UMKM 2
Rombongan Kadin Kalteng foto bersama Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kalteng Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran, Kamis (10/6).

RNH mengatakan, Kadin Kalteng telah berkomitmen untuk memajukan pengusaha daerah dan pelaku UMKM. Dan juga agar UMKM dapat naik kelas menjadi pengusaha yang dapat membantu perekonomian masyarakat Kalteng.

“Dukungan Kadin pengembangan para pengusaha dan UMKM ini, tidak lain dalam rangka membantu pemulihan ekonomi. Dan itu sesuai dengan arah dan keinginan Gubernur Kalteng Pak Sugianto Sabran, agar pelaku usaha terutama Kadin dapat membantu pemerintah dalam pemulihan ekonomi,” ucapnya.

RNH sapaan akrabnya, optimis dengan sinergi, koordinasi dan kolaborasi, perekonomian Kalteng akan tumbuh dengan baik. “Banyak hal yang kita diskusikan dan bisa dilakukan Kadin bersama Dekranasda mengembangkan pelaku kerajinan dan UMKM, dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat. Harapan kita ini dapat terwujud dengan baik, sehingga Kalteng Semakin Berkah dapat diwujudnyatakan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kalteng Ivo Sugianto Sabran menyambut baik kunjungan Kadin Kalteng. Dia memastikan Dekranasda siap bersinergi dengan Kadin Kalteng dalam mengembangkan kerajinan khas Kalteng dan juga peningkatan ekonomi masyarakat, khususnya pelaku kerajinan tangan dan UMKM. 

Ivo juga berharap, pengusaha yang tergabung di Kadin dapat menjadi bapak asuh bagi pelaku kerajinan tangan di Kalteng. Pasalnya, kesulitan pelaku kerajian tangan mengembangkan usaha, terkendala modal.

“Banyak hal yang kita diskusikan bersama Kadin Kalteng, terutama terkait kerjasama kedepan. Dan kita juga sampaikan, agar nantinya ada investor dari Kadin yang siap menjadi bapak asuh bagi pelaku kerajinan daerah dan UMKM Kalteng. Ini agar, pelaku kerajinan daerah dan juga UMKM dapat mengembangkan usaha hingga Go Internasional,” ungkap Ivo.

Istri Gubernur Kalteng ini menyampaikan, Dekranasda terus mendorong agar pelaku kerajinan daerah dan UMKM untuk mengembangkan usaha. Bahkan, bagi pelaku kerajinan daerah dan UMKM yang menitipkan hasil kerajinan dan produk UMKM di gerai Dekranasda diberikan secara gratis. 

“Itu kita lakukan dalam rangka mendukung pelaku kerajinan dan UMKM. Harapan kita kedepan dengan sinergi dan koordinasi serta kolaborasi yang baik antara Dekranasda dan Kadin, pelaku kerajinan dan UMKM kita dapat bersaing ke level internasional,” pungkasnya. (PR/Den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.