KASUS COVID-19 BERTAMBAH, SATGAS MINTA KABUPATEN/KOTA TINGKATKAN PENGAWASAN

oleh -14 views
KASUS COVID-19 BERTAMBAH, SATGAS MINTA KABUPATEN/KOTA TINGKATKAN PENGAWASAN 1
(INFOGRAFIS: SATGAS COVID-19 KALTENG)

Palangka Raya, 21/11/2020 (Dayak News). Jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kalimantan Tengah (Kalteng) terus bertambah signifikan. Seluruh pihak terkait di kabupaten/kota pun diminta untuk melakukan antisipasi yang lebih masif.

Satuan tugas (Satgas) penanganan Covid-19

Provinsi Kalteng dalam rilisnya, mendata, pada Jumat (20/11/2020) pukul 15.00 WIB, terjadi penambahan 65 kasus baru konfirmasi Covid-19. Rinciannya, penambahan pasien positif Covid-19 baru di Palangka Raya sebanyak 8 orang, Kabupaten Kotawaringin 12 orang, Lamandau 13 orang, Sukamara 13 orang, Seruyan 4 orang, Pulang Pisau 1 orang, Kapuas 3 orang,  Gunung Mas 1 orang, dan Barito Timur 10 orang.

Dengan tambahan itu, jumlah total pasien positif Covid-19 yang sehari sebelumnya sebanyak 5.060 orang, kemarin menjadi 5.125 orang.

Adapun angka kesembuhan berjumlah 4.299 pasien dan jumlah yang meninggal sebanyak 176 orang sehingga prosentase tingkat kematian (CFR) ada pada angka 3,4 persen.

Satgas juga mendata, seluruh kabupaten/kota di Kalteng sudah terdampak Covid-19. Sebanyak 13 kabupaten termasuk Kota Palangka Raya masuk kategori zona orange. Satu kabupaten, yakni Barito Timur masuk kategori zona merah.

Satgas pun mengingatkan para pemangku kebijakan di  kabupaten/kota untuk memperbaiki penanganan pandemi Covid-19 dan pelayanan kesehatan.

“Kondisi ini tidak boleh dibiarkan berjalan cukup lama. Jika sebuah wilayah berada di zona merah selama berminggu-minggu, ini berarti pemerintah dan masyarakatnya sudah lengah. Untuk itu Pemerintah Daerah setempat harus berupaya meningkatkan dan memasifkan ‘3T’, yakni testing (pemeriksaan), trakcing (pelacakan) dan treathment (perawatan),” sebut Juru Bicara Satgas.

Selain itu, Satgas Provinsi juga meminta seluruh tim satgas di kabupaten/kota untuk memastikan protokol kesehatan dilakukan secara disiplin oleh masyarakat.

“Jangan biarkan daerah Anda menjadi sumber utama penularan,” bunyi pernyataan itu.

Terakhir, Satgas mengingatkan kembali kepada seluruh masyarakat Kalteng agar selalu mematuhi protokol kesehatan untuk memutus mata rantai sebaran Covid-19. “Ingat ‘4M’, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan agar Covid-19 ini segera berakhir di Kalimantan Tengah dan seluruhnya,” imbau tim. (SAR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *