PANTI ASUHAN AL MIM, MENDIKDIK ANAK ASUH MENJADI ORANG YANG BERPIKIR POSITIF DAN PERCAYA DIRI

oleh -142 views
PANTI ASUHAN AL MIM, MENDIKDIK ANAK ASUH MENJADI ORANG YANG BERPIKIR POSITIF DAN PERCAYA DIRI 1

Palangka Raya (Dayak News). Panti Asuhan AL MIM yang berada di jalan Semeru No.50 bukit hindu kota Palangkaraya Provinsi Kalimantan Tengah, merupakan salah satu yayasan yang mengasuh dan mendidik serta mensejahterakan anak yatim piatu yang ada di Kalteng.

Menurut Pramono Ketua Panti Asuhan Al Mim, panti asuhan tersebut sekarang menampung anak berjumlah 45 orang yang terdiri dari laki-laki dan perempuan, semua dalam usia sekolah dari yang terkecil di tingkat SD serta 2 orang yang sudah kuliah di perguruan tinggi.

“Sudah banyak alumni panti asuhan yang berusia lebih dari 20 tahun ini, dan sekarang ada 2 orang yang sudah bekerja namun masih tinggal di panti asuhan membatu kita disini, “kata Pramono

PANTI ASUHAN AL MIM, MENDIKDIK ANAK ASUH MENJADI ORANG YANG BERPIKIR POSITIF DAN PERCAYA DIRI 2

Mengurus panti asuhan memang banyak senangnya dibanding dukanya, dan untuk kebutuhan anak panti kita tidak banyak kendala, dan alhamdullilah masyarakat kota Palangka Raya mempunyai kepedulian yang cukup tinggi terhadap panti asuhan, walaupun kita tidak membuat proposal ataupun mengedarkan kotak sumbangan, namun ada saja yang memberi bantuan,”katanya.

Untuk kebutuhan sehari-hari tidak ada masalah, namun jadi kendala adalah lahan dan bangunan saat ini, Al mim berniat mengembangkannya karena masih banyak diluar sana(diluar panti) anak terlantar, ataupun orang tua yg tidak mampu mau menitipkan ke panti asuhan al mim, kami tolak karena kapasitas maksimal hanya 50 anak asuh sehingga kebutuhan fasilitas kamr tidur, mck dll tidak mampu menampung, kita berharap ada yang mewakafkan tanahnya untuk pengembangan panti asuhan,” kata Pramono.

PANTI ASUHAN AL MIM, MENDIKDIK ANAK ASUH MENJADI ORANG YANG BERPIKIR POSITIF DAN PERCAYA DIRI 3

Kita pernah membuat usulan kepada pemerintah untuk membatu melakukan rehap bangunan panti, namun sampai sekarang tidak ada tanggapan, mungkin karena tidak ada dananya,”tandas Pramono.

Menurut Pramono mereka memberikan pelayanan kesejahteraan sosial pada anak terlantar dengan melaksanakan penyantunan dan pengentasan anak terlantar, memberikan pelayanan pengganti orang tua/wali anak dalam memenuhi kebutuhan fisik, mental dan sosial kepada anak asuh.

PANTI ASUHAN AL MIM, MENDIKDIK ANAK ASUH MENJADI ORANG YANG BERPIKIR POSITIF DAN PERCAYA DIRI 4
Pramono Ketua Panti Asuhan Al Mim

Sehingga memperoleh kesempatan yang luas, tepat dan memadai bagi pengembangan kepribadianya sesuai dengan yang diharapkan sebagai bagian dari generasi penerus cita-cita bangsa dan sebagai insan yang akan turut serta aktif dalam bidang pembangunan nasional.

Anak diharapkan bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan yang dinilai penuh tekanan.

Hal ini juga akan mempengaruhi bagaimana seseorang memandang dirinya sendiri dan bagaimana memandang permasalahan yang dihadapinya pada kenangan masa lalu maupun masa yang pernah anak itu alami.”Ungkap Pramono.

“Anak anak yang mulai tumbuh menjadi remaja yang mempunyai optimisme akan mampu bertahan dalam menghadapi masalah dengan tetap mempunyai keyakinan bahwa dirinya akan berhasil.

Karakteristik dari optimisme mempunyai dampak penting pada cara individu merespon kesulitan. Anak yang kurang optimis akan mengantisipasi kegagalan sebagai sebuah musibah yang akan berlangsung lama dalam hidupnya, selalu terjadi di setiap aspek hidupnya dan kegagalan tersebut disebabkan oleh kesalahannya ataupun kesalahan yang di akibatkan oleh orang lain terhadap dirinya.

“Kami sebagai pengasuh  selalu mengajarkan supaya mereka berpikir positif dalam menghadapi permasalahan yang telah terjadi maupun yang akan dihadapi nantinya,” katanya. (Den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.