TOKOH KALTENG SABRAN ACHMAD DIMAKAMKAN DI TAMAN MAKAM PAHLAWAN SANAMAN LAMPANG

oleh -131 views
TOKOH KALTENG SABRAN ACHMAD DIMAKAMKAN DI TAMAN MAKAM PAHLAWAN SANAMAN LAMPANG 1
Prosesi Pemakaman Almarhum Sabran Achmad yang dilakukan secara militer di Taman Makam Pahlawan Sanaman Lampang Palangka Raya, Rabu (28/4/2021)

Palangka Raya (Dayak News) Tokoh Pendiri Propinsi Kalimanta Tengah (Kalteng) Sabran Achmad yang meninggal pada Selasa (27/04) malam, dikebumikan secara militer di Taman Makam Pahlawan Sanaman Lampang, jalan Tjilik Riwut Kota Palangka Raya.

Acara Pemakaman mantan ketua DAD Kalteng ini dipimpin langsung oleh Komandan Korem 102/Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto pada Rabu 28 April 2021.

Dandrem menyampaikan duka yang mendalam atas berpulangnya tokoh adat dan budaya Kalteng itu.

“Saya mengatakan dengan jujur dan hati yang bersih, harus kita akui bahwa Almarhum telah memberi banyak jasa kepada masyarakat Kalteng, Bangsa dan Negara,”kata Danrem.

Sebelumnya Sekda Kalteng Fahrizal Fitri mewakili Gubernur Kalteng pada saat dirumah duka mengatakan, Sabran Achmad merupakan salah satu Putera terbaik bangsa, khususnys di Kalteng pasalnya Sabran Achmad sangat berjasa dalam mendirikan Kalteng.

“Kami Pemerintah Propinsi Kalteng mengucapkan turut berbelangsungkawa sedalam-dalamnya atas berpulangnya pahlawan serta tokoh pendiri Propinsi Kalteng, “Kata Sekda.

Sabran Achmad lahir 31 Desember 1930 di Kuala Kapuas. Ia adalah tokoh adat dan menjadi salah satu tokoh perintis berdirinya Propinsi Kalteng.

Sabran Acmad terakhir menjabat sebagai Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalimantan Tengah sejak 2008 hingga 2016.

Sabran Achmad merupakan putra ketiga dari sembilan bersaudara. Ia menyelesaikan pendidikan SR, SMP hingga SMA di wilayah Kalteng.

Kemudian ia sempat mengenyam kuliah di Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat hingga tingkat III. Dia juga aktif dan bergiat di Partai Nasional Indonesia yang membawanya terpilih sebagai anggota DRPD-GR Kalteng.

Lantaran kepiawaiannya berpolitik, ia dipercaya sebagai Wakil Ketua DPRD-GR Kalteng periode 1966-1971.

Selain itu Ia pernah berkarier sebagai pegawai negeri sipil di Departemen Perburuhan tahun 1950 dan Kepala Kantor Balai Statistik Kalteng periode 1971-1986. (Den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *