WAGUB KALTENG HADIRI PELUNCURAN TIM TANGGAP INSIDEN SIBER

oleh -
WAGUB KALTENG HADIRI PELUNCURAN TIM TANGGAP INSIDEN SIBER 1
foto/Ist

Palangka Raya (Dayak News) –  Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Wagub Kalteng) H. Edy Pratowo bersama Kepala Badan Sandi Siber Negara (BSSN) Hinsa Siburian menghadiri acara Peluncuran Tim Tanggap Insiden Siber Provinsi Kalimantan Tengah (Kaltengprov-CSIRT) secara resmi bertempat di Aula Seruyan 1, M Bahalap Hotel, Kota Palangka Raya, pada Jumat (22/10/2021).

Computer Security Incident Response Team (CSIRT) Indonesia bertujuan untuk membangun, mengkoordinasikan, mengolaborasikan, dan mengoperasionalkan sistem mitigasi, manajemen krisis, penanggulangan dan pemulihan terhadap insiden keamanan siber pada sektor pemerintah.

WAGUB KALTENG HADIRI PELUNCURAN TIM TANGGAP INSIDEN SIBER 2

Saat membacakan sambutan Gubernur Kalimantan Tengah, Wakil Gubernur Edy Pratowo menyampaikan banyak kebocoran data yang terjadi, dari data pribadi hingga data rahasia Negara. Pencurian data dan kebocoran data disamping memang ada upaya pencurian atau pembobolan, disisi lain karena memang karena peluang yang disebabkan oleh lemahnya sistem keamanan elektronik.

“Hal ini tentu tidak bisa dibiarkan, harus ada upaya dari negara untuk melindungi segala bentuk kejahatan baru di dunia maya, terkhusus perlindungan terhadap data dan sistem”, ungkap Wakil Gubernur.

Wakil Gubernur menegaskan bahwa Badan Siber dan Sandi Negara bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah membentuk Tim Tanggap Insiden Siber Provinsi Kalimantan Tengah.

“Untuk Itu, negara telah membentuk Badan Siber dan Sandi Negara, Sebuah Lembaga Negara yang memiliki tugas dalam menangani Insiden siber dan sandi. Salah satu bentuk tanggung jawab dan kewenangan itu, sebagaimana yang kita hadiri saat ini yaitu Launching Tim Tanggap Insiden Siber Provinsi Kalimantan Tengah”, ujarnya.

WAGUB KALTENG HADIRI PELUNCURAN TIM TANGGAP INSIDEN SIBER 3

Diketahui, saat ini aset infrastruktur digital Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah  tercatat lebih dari 80 sistem elektronik, 34 kilometer fiber optic tersambung  antar kantor perangkat Daerah dan terintegrasi ke Pusat data Daerah, Yang dikelola oleh Dinas Kominfo, Persandian Dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah.

Selain itu, Wakil Gubernur Edy Pratowo menyampaikan apresiasi kepada Badan Siber dan Sandi Negara atas inisiasi Tim Tanggap  Insiden Siber Provinsi Kalimantan Tengah.

“Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Badan Siber Dan Sandi Negara, Yang selama ini telah melakukan pembinaan, pendampingan, hingga monitoring dan evaluasi terhadap sistem persandian dan siber di daerah. Terkhusus ucapan terima kasih saya terhadap  upaya dan inisiasi terhadap pembentukan Tim Tanggap  Insiden Siber Provinsi Kalimantan Tengah”, kata Wakil Gubernur.

Tampak hadir dalam acara tersebut, antara lain Wakapolda Brigjen Pol Ida Oetari Poernamasasi, Kasrem 102/PJG Wakhyono, sejumlah Bupati/Wakil Bupati se-Kalimantan Tengah, serta sejumlah Kepala Perangkat Daerah terkait. (PR/BAP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.