17 KECAMATAN DI PEMKAB KAPUAS MENDAPAT ALAT PEMADAM KEBAKARAN

oleh -
oleh
17 KECAMATAN DI PEMKAB KAPUAS MENDAPAT ALAT PEMADAM KEBAKARAN 1
17 KECAMATAN DI PEMKAB KAPUAS MENDAPAT ALAT PEMADAM KEBAKARAN 2

Kuala Kapuas, 3/2/20 (Dayak News). Kabupaten Kapuas termasuk rawan kebakaran.Mengantisipasi bencana itu, Pemerintah Kabupaten Kapuas (Pemkab) melalui Badan Penunggulangan Bencana Daerah (BPBD) memberi alat pemadaman kebakaran kepada 17 Kecamatan yang ada di daerah tersebut.

Pemberian bantuan oleh BPBD Kabupaten Kapuas ini salah satu langkah men-support peralatan pemadam kebakaran (damkar) di 17 kecamatan. Salah satunya, dalam rangka mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

“Jadi 17 kecamatan itu nanti di tahun ini kita bantu satu unit mobil tangki lengkap dengan mesin, selang dan peralatannya. Serta 1 unit tossa lengkap dengan peralatannya,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kapuas Panahatan Sinaga ketika dikonfirmasi, Senin (3/2).

Dikatakan, pengadaan sarana dan prasarana untuk penanggulangan kebakaran penting dilakukan di setiap kecamatan. Selama ini kendala dilapangan itu keterbatasan alat.

“Terbatasnya pelalatan di 17 kecamatan berupa sarana dan prasarana, maka penanganan karhutla terkendala. Bahkan ada kecamatan yang tidak punya selain dari kelompok MPA. Itupun terbatas,” ucapnya.

“Kita support pos lapang dibawah koordibasi camat, kapolsek dan Danramil untuk penanganan karhutla,” kata dia.

Diharapkan dengan terpenuhi nantinya jajaran camat, Kapolsek, Danramil mampu menangani wilayahnya dan mampu menangani menekan jangan sampai terjadi karhutla.

“Dengan catatan tetap mengutamakan pencegagan dan kesiapsiagaan,” katanya.

Selain itu, terkait pengelolaan aset dijelaskan nanti kemungkinan polanya mutasi aset. Apabila barang itu sudah ada. Nantinya, BPBD akan berkoordinasi dengan BPKAD.

Berkaitan dengan anggaran tersebut sudah masuk dalam Rencana Kerja Anggaran (RKA).

“Sekarang tinggal menunggu DPA nya selesai ditandatangani tim anggaran. Kita kemarin berjuang di pusat melalui dana DBHDR dan itu masuk di APBD,” tuturnya.

BACA JUGA :  KAPUAS PERINGATI HUT KALTENG

Sedangkan, berkaitan dengan perawatan peralatan tersebut juga akan diserahkan langsung di kecamatan penerima. (Pr/BN/BBU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.