WARGA KAPUAS AGAR WASPADA ANCAMAN CUACA EKSTREM

oleh -7 views

Kuala Kapuas, 10/1/20 (Dayak News). Sehubungan kondisi cuaca ekstrem dan curah hujan cukup tinggi dalam beberapa hari terakhir, maka kepada masyarakat Kabupaten Kapuas,Kalimantan Tengah (Kalteng) diimbau oleh pihak Badan Penanggulangan Bencana (BPDB) agar selalu waspada.

“Masyarakat Kapuas agar mewaspadai adanya cuaca ekstrem dengan curah hujan tinggi, dalam beberapa waktu ke depan,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga di Kuala Kapuas, Jumat (10/1).

Dikatakan, saat ini sudah memasuki musim penghujan. Sesuai prakiraan BMKG curah hujan pada Januari 2020 akan semakin meningkat dan mencapai puncaknya pada Februari hingga Maret nanti.

“Curah hujan yang tinggi dan cuaca ekstrem perlu diwaspadai. Faktor tersebut berpotensi menimbulkan ancaman bencana,” ujar Panahatan Sinaga.

Dia menilai hal itu patut diwaspadai, untuk itulah pihaknya telah mengambil langkah-langkah antisipatif diantaranya melalui surat edaran Bupati yang disampaikan kepada warga melalui kepala desa diingatkan agar waspada terhadap cuaca ekstrem di wilayah masing-masing.

Masyarakat agar bisa bersama-sama mewaspadai untuk meminimalisir resiko, jika sewaktu-waktu terjadi bencana.

Menurutnya, BPBD Kapuas telah memetakan daerah rawan dan berpotensi terjadinya bencana, diantarnya banjir dan angin puting beliung.

Daerah rawan bencana banjir pada musim hujan ini ada lima titik atau lima wilayah kecamatan. Di wilayah hulu ada empat kecamatan dan wilayah hilir ada satu kecamatan, kata Panahatan Sinaga.(Pr/BN)

BACA JUGA :  KAPUAS RAIH PENGHARGAAN STAN TERBAIK II DI KALTENG TRADE EXPO 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *