KEPSEK PERLU PUNYA WAWASAN KEPRAMUKAAN

oleh -
oleh
KEPSEK PERLU PUNYA WAWASAN KEPRAMUKAAN 1

Kuala Kapuas, 23/2/2020 (Dayak News). Para kepala sekolah (Kepsek) sangat perlu memiliki wawasan tentang dunia kepramukaan.

Sehubungan hal itu pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas mengadakan orientasi peran kepsek sebagai Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan (Mabigus) Gerakan Pramuka, di Aula kantor setempat, Minggu (23/2/2020).

Kegiatan diikuti sejumlah kepsek dari tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Selat, Basarang, dan Kapuas Hilir. Orientasi tersebut sebagai bentuk pelaksanaan Permendikbud Republik Indonesia nomor 63 tahun 2014 tentang Kepramukaan sebagai ekstrakurikuler wajib.

Kepala Dinas Pendidikan Kapuas Suwarno Murityat mengatakan, kegiatan yang sudah dilaksanakan sangat penting untuk diikuti oleh para kepala kekolah karena perannya adalah penanggung jawab.

“Iya orientasi sudah kami adakan, karena kepsek itu peran dan tanggungjawab penting dalam pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka di sekolah masing-masing sebagaimana yang tertuang dalam Permendikbud nomor 63 tahun 2014,” kata Suwarno.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana kegiatan, Marce mengatakan, kegiatan dilaksanakan selain berdasar pada AD / ART Gerakan Pramuka juga berdasar pada Permendikbud Republik Indonesia nomor 63 tahun 2014 tentang Kepramukaan sebagai ekstrakurikuler wajib.

Kemudian keputusan Kwarnas gerakan Pramuka no 231 tahun 2007 tentang petunjuk penyelenggaraan Gugus depan gerakan Pramuka serta Keputusan Kwarnas nomor 22 tahun 2007 tentang petunjuk penyelenggaraan Majelis Pembimbing Gugus Depan Gerakan Pramuka.

“Dengan tujuan memberikan bekal kepada Kepsek sebagai Majelis Pembimbing Gugus Depan tentang tugas, dan fungsi Majelis Pembimbing dalam mengelola, serta mengkoordinir pendidikan kepramukaan kepada pembina dan anak-anak,” ucap Marce.

Dengan narasumber dari tim Pelatih Pusat Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka Tingkat Cabang (Pusdiklatcab).

“Setelah orientasi kepsek tiga kecamatan ini, nantinya akan diikuti oleh seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Kapuas,” pungkas Marce. (SR/BBU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.