ANGGOTA DEWAN KAPUAS DUKUNG UJI KOMPETENSI GURU KONTRAK

oleh -
ANGGOTA DEWAN KAPUAS DUKUNG UJI KOMPETENSI GURU KONTRAK 1

Kuala Kapuas, 1/2/2021 (Dayak News). Anggota Komisi IV DPRD Kapuas Lawin menyatakan mendukung penuh penyelenggaraan uji kompetensi guru kontrak yang ada di Pemerintah Daerah (Pemda) Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah.

Uji ini dimaksudkan untuk meningkatkan status kepegawaian dan mengukur kemampuan guru kontrak untuk menjadi tenaga pengajar profesional.

Lawin menjelaskan, uji kompetensi guru kontrak untuk wilayah Kapuas diselenggarakan di SDN Palingit  Kecamatan Pulau Petak pada Rabu (27/1/2021) lalu.

Menurutnya DPRD Kapuas mendukung penyelenggaraan uji kompetensi tersebut karena memang harus dilakukan untuk mengetahui kemampuan mereka. Jika sudah dinyatakan lulus, berarti para guru sudah kompeten dan layak untuk menjadi guru.

“Guru merupakan pendidik yang nantinya akan memberikan pendidikan kepada anak didik. Sehingga perlu diuji, untuk dinyatakan kompeten,” kata Lawin di kantornya, Senin (1/2/2021) pagi.

Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Pulau Petak Asmawati menjelaskan, dilaksanakannya uji kompetensi ini untuk mengetahui kualitas peserta yaitu guru mengenai bibit dan bobotnya.

“Seluruh tenaga kontrak guru terdaftar mengikuti ujian kompetensi. Kecuali yang mengundurkan diri dan berhalangan lainnya,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas melalui Kabid PAUD dan Dikmas Marcy  menambahkan, tujuan uji kompetensi agar seluruh guru kontrak menjadi guru yang profesional dan bertanggung jawab atas tugas yang diembannya.

Selain itu, dapat mengukur kemampuan para guru kontrak yang nantinya akan membantu dunia pendidikan.

Ia menambahkan, pelaksanaan uji kompetensi juga sesuai dengan Undang-undang Guru dan Dosen.

“Yang mana akan diketahui juga apa visi dan misi mereka para guru kontrak sehingga menjadi guru. Termasuk wajib paham dengan salah satunya membuat RPPM bagi guru TK. Semoga guru kontrak yang mengikuti kompetensi semua lulus,” jelas Marcy. (Rb/Den) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.