DISKOMINFO DUKUNG DESA BUNGAI JAYA SEBAGAI DESA DIGITAL

oleh -
oleh
DISKOMINFO DUKUNG DESA BUNGAI JAYA SEBAGAI DESA DIGITAL 1
H Junaidi

Kuala Kapuas, 11/7/2020 (Dayak News). Perkembangan teknologi dimasa sekarang ini semakin pesat, terlebih dalam hal menuju era digital, melihat potensi tersebut membuat Desa Bungai Jaya Kecamatan Basarang Kabupaten Kapuas mulai menerapkan perubahan menuju desa berbasis digital.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kapuas H Junaidi, menyampaikan dukungan atas inovasi dari Desa Bungai Jaya sebagai desa berbasis digital yang dinilai banyak memberikan manfaat dalam hal pelayanan kepada masyarakat.

Menurutnya digitalisasi desa dapat digunakan untuk mempermudah pelayanan, baik dalam hal pelayanan pemerintahan desa, pembangunan desa maupun pemberdayaan masyarakat desa.

Dirinya pun mendorongan penerapan inovasi tersebut untuk semakin lebih berkembang lagi, baik dengan peningkatan kinerja maupun pelayanan pemerintahan desa sehingga akan semakin maju dan mandiri.

“Diharapkan dengan terbentuknya desa digital ini, pelayanan kebutuhan masyarakat bisa terlayani dengan cepat, tepat, akurat dan hemat. Selain itu terbentuknya desa digital ini juga berguna untuk membangun dan mengembangkan SDM masyarakat Kabupaten Kapuas untuk semakin jauh lebih baik,” tutur Kadis Kominfo.

Sementara itu, Kepala Desa Bungai Jaya, Kadiman menjelaskan dalam penerapan desa berbasis digital ini pihaknya telah memasang sebanyak 32 titik CCTV di sekitaran wilayah Desa Bungai Jaya dengan jarak per seratus meter tiap CCTV di jalan raya.

“Pemasangan CCTV ini berguna untuk memantau kondisi desa, terlebih saat mendekati musim kemarau yang rentan dengan kebakaran hutan dan lahan, hal ini berguna juga untuk menggantikan menara pantau api yang biasanya sering dibangun saat musim-musim kemarau,” terang Kadiman.

Kemudian dirinya menambahkan di desa tersebut juga telah tersedia drone yang akan berguna dalam memantau kondisi kawasan Desa Bungai Jaya dari atas, sebab dinilai lebih efektif dan efisien.

BACA JUGA :  GIAT ANGGOTA POLSEK KAPUAS TENGAH MEMONITOR KETAHANAN PANGAN DI WILKUM POLSEK KAPUAS TENGAH

“Sebagai pendukung desa berbasis digital, kami juga telah menyediakan Hand Phone (HP) untuk layanan pengaduan bagi masyarakat serta tersedia juga semua nomor Kepala Keluarga (KK) di Kantor Desa,” tambah Kadiman.(CUN/Den).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.