Festival Seni Qasidah Ke II Kabupaten Kapuas Tahun 2024 Resmi Dibuka

oleh -
oleh
Festival Seni Qasidah Ke II Kabupaten Kapuas Tahun 2024 Resmi Dibuka 1

Kuala Kapuas (Dayak News) – Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) Nusantara Jaya Kabupaten Kapuas menggelar Festival Seni Qasidah (FSQ) Ke II Tingkat Kabupaten Kapuas Tahun 2024 di Lapangan Bukit Ngalangkang, Jalan Letjend Soeprapto, Kuala Kapuas. Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Pj Bupati Kapuas yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum (Asisten III) Sekda Kabupaten Kapuas Ahmad M Saribi pada Jumat, 21 Juni 2024. Acara ini juga dihadiri oleh Pj Ketua TP PKK Kapuas Agustina Erlin Hardi, Ketua Umum LASQI Nusantara Jaya Kabupaten Kapuas H Suwarno Muriyat, sejumlah Kepala OPD, dan para Camat se Kabupaten Kapuas.

Festival ini diikuti oleh ratusan peserta yang berkompetisi dalam beberapa cabang lomba, termasuk Bintang Vokalis Qasidah Gambus, Bintang Vokalis Pop Religi, Rebana Qasidah Klasik, dan Penabuh Rebana Seni Qasidah. Asisten III Sekda Kapuas Ahmad M Saribi menyampaikan bahwa LASQI Nusantara Jaya berfungsi sebagai wadah untuk menyalurkan kreativitas seniman muslim, memperkenalkan seni budaya Islam, dan memberikan manfaat positif bagi seniman muslim.

Pj Bupati Kapuas, yang diwakili oleh Ahmad M Saribi, menyerahkan piala bergilir kepada Pj Ketua TP PKK Kapuas Agustina Erlin Hardi, Ketua Panitia FSQ Ke II. Dalam sambutannya, Saribi berharap LASQI tidak hanya berfungsi sebagai media, tetapi juga sebagai mitra pemerintah dalam menyampaikan pesan-pesan moral terkait ukhuwah islamiah dan dakwah islamiah. Ia menekankan pentingnya pengembangan seni budaya Islam melalui pendidikan, pembinaan, pengkaderan, dan berbagai event pagelaran di berbagai tingkatan.

Ketua Umum Panitia FSQ Kabupaten Kapuas, Agustina Erlin Hardi, melaporkan bahwa festival ini diikuti oleh 347 peserta dari 17 kecamatan. Rinciannya meliputi 12 anak-anak, 16 remaja, dan 14 dewasa untuk Bintang Vokalis Qasidah Gambus, serta 17 anak-anak, 20 remaja, dan 11 dewasa untuk Bintang Vokalis Pop Religi. Sementara itu, kategori Rebana Klasik diikuti oleh 7 grup dengan total 77 peserta, dan Penabuh Rebana Seni Qasidah diikuti oleh 12 grup dengan total 180 peserta.

BACA JUGA :  BUPATI DAMPINGI KAPOLDA TINJAU VAKSINASI MASSAL

Ketua Umum LASQI Nusantara Jaya Kabupaten Kapuas, H Suwarno Muriyat, mengungkapkan bahwa DPD LASQI Nusantara Jaya rutin menyelenggarakan kegiatan keagamaan yang langsung menyentuh masyarakat, termasuk audisi Bintang Vokalis, lomba Bagarakan Saur, dan lomba Penabuh Rebana Seni Qasidah. Melalui FSQ Ke II ini, diharapkan bakat dan kreativitas pemuda-pemudi Islam dapat terwadahi, serta dapat menyelamatkan generasi muda dari pengaruh negatif.

Suwarno juga menyampaikan bahwa para juara FSQ 2024 akan dipersiapkan untuk mengikuti FSQ Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Palangka Raya pada Agustus 2024. Seni qasidah di Kabupaten Kapuas telah menunjukkan eksistensinya di tingkat provinsi dan nasional, dengan beberapa peserta dari Kapuas meraih juara. Di antaranya adalah Kamaludin Abdi, juara Bintang Vokalis Remaja di Mataram pada 2022, dan Nikmah Wardani, juara Bintang Vokalis Dewasa di Tangerang pada 2023. Peserta Rebana Klasik dari Kabupaten Kapuas juga berhasil meraih juara di tingkat nasional. (Rob/Ist)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.