KETUA DPRD KAPUAS INGATKAN MASYARAKAT WASPADA LANINA

oleh -18 views
KETUA DPRD KAPUAS INGATKAN MASYARAKAT WASPADA LANINA 1

Kuala Kapuas, 9/11/2020 (Dayak News). Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas mengingatkan Waspada Cuaca Lanina.

Cuaca Lanina adalah cuaca yang posisinya antara kemarau dan hujan ” Saat ini Musim Kemarau disertai dengan hujan, atau disebut ” Kemarau Basah”. Kata Ardiansah Minggu (8/11).

Kemarau basah, kemarau yang diselingi dengan hujan, dan cuaca tidak menentu, atau berubah-ubah.

Karena itu, dihimbau kepada warga agar selalu memperhatikan kondisi alam yang selalu berubah ini, tidak banyak beraktifitas diluar rumah, jika tidak terlalu mendesak, karena kondisi alam disebut dengan Lanina juga diduga sangat mudah melemahkan imun tubuh kita, apa lagi di masa pendemi Covid-19 saat ini.

Curah hujan khususnya di Kabupaten Kapuas sudah cukup tinggi, dan terlihat disejumlah tempat atau wilayah mulai ada genangan air.

Dan menghimbau BPBD Kapuas tetap mewaspadai daerah rawan bencana.”harap Wakil Rakyat Dapil Tiga legeslator Partai Golkar ini.

Kepala BPBD Kabupaten Kapuas Sinaga Panahatan membenarkan,” Saat ini cuaca alam kita berada diposisi Lanina

Dimana perubahan cuaca yang kadang sulit diprediksi almiah, seharusnya kita diposisi kemarau normal, namun berubah menjadi kemarau basah atau kemarau diselingi hujan.

Cuaca Lanina berlangsung sejak bulan akhir oktober 2020, diperkirakan hingga Maret -April 2021 mendatang.

Curah hujan diperkirakan lebih kurang sekitar 40 persen dari kemarau, kondisi demikian bisa mengakibatkan, alam kita sebagian menjadi rusak, banjir dan tanah longsor.

Pesan kami, kepada masyarakat agar selalu waspada dengan situasi dan kondisi alam kita yang saat ini disebut dengan cuaca Lanina.

BPBD terus melakukan pemantauan, potensi bencana, dan menunggu Informasi dari semua pihak, saling koordinasi, jika memang ada dugaan rawan bencana, kami siap untuk melakukan langkah antisipasi, sesuai dengan tugas dan fungsi BPBD. ” tandas Sinaga. (Rob/Den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *