MASUKI PUNCAK KEMARAU DAN EL NINO, INI PESAN PLT BUPATI KAPUAS

oleh -
MASUKI PUNCAK KEMARAU DAN EL NINO, INI PESAN PLT BUPATI KAPUAS 1
Jajaran BPBD Kabupaten Kapuas dan insan pers usai Rakor Pencegahan dan Pengendalian Karhutla di wilayah Kabupaten Kapuas, Kamis (8/6/2023).

Kuala Kapuas (Dayak News) – Plt Bupati Kapuas Drs H Nafiah Ibnoor MM berpesan agar seluruh pihak meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Sebab, berdasarkan prakiraan BMKG, saat ini wilayah Kabupaten Kapuas telah memasuki puncak musim kemarau, ditambah fenomena El Nino.

“Berdasarkan informasi BMKG, mulai Juni 2023 ini Kabupaten Kapuas telah memasuki puncak kemarau . Ditambah fenomena El Nino dari Juni sampai September 2023. Seperti kita ketahui, musim kemarau akan selalu dibarengi munculnya hotspot dari kebakaran hutan dan lahan,” kata Plt Bupati saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Pencegahan dan Pengendalian Kebakaran Hutan Dan Lahan di wilayah Kabupaten Kapuas, Kamis (8/6/2023).

Nafiah melanjutkan, potensi terjadinya Karhutla di musim kemarau dan El Nino ini perlu menjadi perhatian serius seluruh pihak, baik jajaran pemerintah daerah, TNI/Polri, masyarakat, dan Perusahaan Besar Swasta (PBS).

“Diperlukan adanya langkah konkret melalui penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat, di tingkat kecamatan dan desa/kelurahan. Camat, lurah, kepala desa, kapolsek, Danramil, Babinsa, babin Kamtibmas, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat harus ikut berperan aktif,” pintanya.

Plt Bupati menambahkan, khusus bagi PBS agar terus memberikan kontribusi aktif dalam penanganan Karhutla, terutama di wilayah perusahaannya.

“Kita patut bersyukur dalam 3 tahun terakhir belakangan ini kejadian karhutla di wilayah Kabupaten Kapuas jauh berkurang dibanding sebelumnya. Hal ini perlu terus ditingkatkan dengan peran serta kita bersama,” tandas Nafiah.

Rakor Pencegahan dan Pengendalian Karhutla yang digelar di Aula Bapelitbangda, Kuala Kapuas ini antara lain dihadiri Ketua DPRD, Dandim 1011/KLK, Kapolres Kapuas, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kapuas, dan unsur terkait lainnya.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kapuas Panahatan Sinaga SH dalam laporannya di kegiatan ini mengatakan, sejumlah upaya penanggulangan dan penanganan Karhutla tahun 2023 telah dilakukan.

Di antaranya, menetapkan status siaga darurat bencana Karhutla melalui Keputusan Bupati Kapuas, menyampaikan Surat Edaran Bupati tentang antisipasi Karhutla kepada Camat Kades, Lurah, sosialisasi ke masyarakat dan sekolah-sekolah, sosialisasi melalui spanduk dan videotron.

“Kita juga telah mengaktifkan Pos Simpul Komando Satgas Penanggulangan Karhutla, melakukan pengecekan hotspot (titik api), melakukan operasi pemadaman darat, serta mengajukan anggaran tambahan penanganan Karhutla,” ujar Panahatan Sinaga. (rob/din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.