MEDIA MASSA BERPERAN MENJAGA KUALITAS DEMOKRASI

oleh -23 views
MEDIA MASSA BERPERAN MENJAGA KUALITAS DEMOKRASI 1

Kuala Kapuas, 3/11/2020 (Dayak News). Media massa atau pers berperan penting dalam menjaga kualitas demokrasi sepanjang perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang digelar tahun ini.

Selain itu, media massa atau pers juga punya fungsi krusial sebagai instrumen penyeimbang dan sarana edukasi kepemiluan.

Hal itu disampaikan Ahmad Suhaili, Sekretaris PWI Kabupaten Kapuas saat menyampaikan meteri sosialisasi pengembangan pengawasan Pemilu OMS dan media massa, Bawaslu Kapuas, di aula Disdik, Jalan Tambun Bungai, Kuala Kapuas, Selasa (3/11/2020).

“Pers sebagai penyeimbang dan menekankan kepada aspek-aspek yang berpihak kepada kepentingan masyarakat,” kata Suhaili dalam paparannya.

Menurutnya, pers juga berperan dalam menjaga kualitas demokrasi dalam  setiap tahapan-tahapan Pilkada.

“Kalau tidak ada peran pers dalam proses demokrasi tidak akan berjalan dengan baik, karena pers itu sendiri adalah salah satu pilar dari 4 pilar demokrasi.

Pers berperan dalam mensukseskan Pemilu sebagai sarana tegaknya demokrasi,” tandasnya.

Ditambahkannya, peran pengawasan pers juga menjadi hal penting dalam setiap tahapan-tahapan Pilkada.

“Pers juga berkewajiban untuk melaporkan indikasi-indikasi pelanggaran dalam Pilkada dengan fakta-fakta yang bisa dipertanggungjawabkan melalui nara sumber yang kredibel,” ujarnya.

Suhaili juga menekankan insan pers agar selalu bersinergi khususnya dengan stakeholder terkait dan para pemangku kepentingan.

“Ini dilakukan untuk menyukseskan Pilkada agar berjalan dengan damai dan lancar,” pungkasnya.(ROB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *