Oknum Kepala Desa Tumbang Tukun Ditangkap karena Penggelapan Dana Koperasi

oleh -
oleh
Oknum Kepala Desa Tumbang Tukun Ditangkap karena Penggelapan Dana Koperasi 1
Ditengah. Karya. Kepala Desa Tubang Tukun.

Kapuas Kapuas (Dayak News) – Kepala Desa Tumbang Tukun, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah, yang bernama Karya, ditangkap oleh pihak kepolisian pada 15 November 2023 lalu. Pria tersebut diduga melakukan penggelapan dana sisa hasil kebun Koperasi Tukun Jaya Sejahtera senilai ratusan juta rupiah.

Kapolres Kapuas, AKBP Kurniawan Hartono, melalui Kasat Reskrim Polres Kapuas, AKP Iyudi Hartanto, STK, SIK, menjelaskan bahwa penangkapan tersebut dilakukan setelah pihak kepolisian mendapatkan laporan dan melakukan penyelidikan sesuai Sprint tanggal 12 Oktober 2023.

“Kepala Desa Tumbang Tukun atas nama Karya telah kita amankan atas sangkaan telah melakukan penggelapan dana sisa hasil kebun Koperasi Tukun Jaya Sejahtera,” ujar Kasat Reskrim Polres Kapuas AKP Iyudi Hartanto pada Rabu (22/11/2023).

Kronologi kejadian bermula pada Senin, 26 Juni 2023, sekitar jam 15.00 WIB, di Desa Tumbang Tukun, Kecamatan Pasak Telawang, Kabupaten Kapuas. Pada hari tersebut, terdapat dugaan tindak pidana penggelapan dana sisa hasil kebun periode bulan Juli 2022 sampai dengan bulan September 2022 senilai Rp 28.962.610, dan periode bulan Oktober sampai dengan Desember 2022 sebesar Rp 101.250.474. Selain itu, terdapat juga dana talangan tanggal 28 April 2023 senilai Rp 149.000.000.

AKP Iyudi Hartanto menjelaskan, “Saudara Karya selaku Ketua Koperasi Tukun Jaya Sejahtera tidak menyalurkan atau membagikan dana sisa hasil kebun (SHK) pada periode tersebut dan dana talangan pada tanggal tersebut kepada anggotanya.”

Pihak pelapor yang merasa keberatan atas kejadian tersebut kemudian melaporkan kasus ini ke Kantor Polres Kapuas untuk proses penyidikan lebih lanjut. Sangkaan yang dikenakan terhadap Karya adalah Tindak Pidana Penggelapan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 372 KUHPidana.

BACA JUGA :  H. ASANG TRIASA MENANG GUGATAN SEMBILAN KADES

Proses penyidikan akan terus dilakukan untuk mengungkap seluruh fakta dan memastikan keadilan bagi anggota Koperasi Tukun Jaya Sejahtera yang merasa dirugikan akibat tindakan Kepala Desa Tumbang Tukun ini. (Rob/Ist)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.