Polda Kalteng Selidiki Dugaan Penyerobotan Lahan oleh PT Kapuas Sawit Sejahtera (KSS) di Kapuas Barat

oleh -
oleh
Polda Kalteng Selidiki Dugaan Penyerobotan Lahan oleh PT Kapuas Sawit Sejahtera (KSS) di Kapuas Barat 3

Kuala Kapuas (Dayak News) – Dalam upaya menindaklanjuti laporan dari warga terkait dugaan penyerobotan lahan oleh Perseroan Terbatas (PT) Kapuas Sawit Sejahtera (KSS) di Kecamatan Kapuas Barat, Polda Kalimantan Tengah telah mengirim Tim Subdit Jatanras untuk melakukan pemeriksaan lapangan. Dalam kegiatan yang dilakukan pada Selasa (14/11/2023) siang, tim Polda Kalteng bersama warga pelapor dan Kuasa Hukum melakukan dokumentasi dan menentukan titik koordinat lokasi lahan yang diduga diserobot oleh perusahaan tersebut.

Menurut laporan dengan Nomor LP/B/33/III/2023/SPK/Polda Kalteng, yang diajukan oleh warga pada tanggal 01 Maret 2023, terdapat beberapa lahan yang dicurigai telah dicaplok oleh PT. KSS. Luasan lahan yang berbeda-beda, yakni 7000 meter persegi, 13.000 meter persegi, dan 16.000 meter persegi, menjadi fokus pemeriksaan. Fazri Hasibuan, Kuasa Hukum pelapor, menyampaikan bahwa proses pemeriksaan ini merupakan tindak lanjut dari laporan polisi yang melibatkan beberapa pihak, termasuk pihak terlapor, pelapor, dan BPN Kabupaten Kapuas.

Polda Kalteng Selidiki Dugaan Penyerobotan Lahan oleh PT Kapuas Sawit Sejahtera (KSS) di Kapuas Barat 4

“Kita sangat apresiasi pada Polda Kalimantan Tengah, ini progres yang bagus khususnya Subdit Jatanras yang mau datang kesini memeriksa tanah warga yang diserobot PT. KSS,” ungkap Fazri Hasibuan. Setelah pemeriksaan terhadap pihak-pihak terlibat, termasuk warga yang melaporkan, pihak PT. KSS, dan BPN Kabupaten Kapuas, selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan langsung di lokasi kejadian perkara.

Dalam proses penyelidikan ini, harapannya bahwa bukti-bukti yang telah dikumpulkan dan pemeriksaan lapangan dapat menjadi dasar kuat bagi Polda Kalteng untuk memutuskan langkah selanjutnya. “Ini nanti bisa jadi pertimbangan agar kemudian kasus penyelidikan dinaikkan ke tahap penyidikan,” ujar Fazri Hasibuan.

Warga yang melaporkan mengharapkan keadilan dari pihak kepolisian dan berharap agar kasus ini dapat memberikan kepastian hukum. Sementara itu, pihak Polda Kalteng berkomitmen untuk menjalankan proses hukum secara adil dan bijaksana demi kepentingan masyarakat Kecamatan Kapuas Barat. (Rob/Ist)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.