RSUD KUALA KAPUAS MENERIMA KUNJUNGAN DINAS KESEHATAN KALTENG DALAM RANGKA PENINGKATAN KAPASITAS PELAYANAN KESEHATAN

oleh -
oleh
RSUD KUALA KAPUAS MENERIMA KUNJUNGAN DINAS KESEHATAN KALTENG DALAM RANGKA PENINGKATAN KAPASITAS PELAYANAN KESEHATAN 1
RSUD Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas menerima kunjungan kegiatan dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah. (foto/Ist)

Kuala Kapuas (Dayak News) – Direktur RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, Dr. Agus Waluyo, MM, menerima kunjungan dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah untuk melakukan peningkatan kapasitas Dinas Kesehatan Provinsi, Kabupaten, dan Kota dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan rujukan. Acara ini berlangsung di Aula Gedung RSUD Kapuas yang terletak di Jalan Tambun Bungai No. 16 pada hari Rabu (05/07/2023).

Rombongan dari ibu kota Provinsi, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, bersama dengan perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, diterima langsung oleh Direktur RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, Dr. Agus Waluyo, MM. Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Bagian Kesekretariatan dan Rekam Medik, H. Jamaluddin, SKM, M.M.Kes, dan Kepala Bidang Pelayanan Medik, Dr. Jum’atil Fajar, MHlthSc, serta sejumlah Kepala Seksi, Kasubbag, dan staf di ruang aula manajemen RSUD Kapuas.

RSUD KUALA KAPUAS MENERIMA KUNJUNGAN DINAS KESEHATAN KALTENG DALAM RANGKA PENINGKATAN KAPASITAS PELAYANAN KESEHATAN 2
Sambutan dari dr. Agus Waluyo, MM dan Presentasi dari Rita Juliawaty, SKM, M.Si (foto/Ist)

Dalam acara tersebut, narasumber Rita Juliawaty, SKM, M.Si, selaku Kepala Seksi Jaminan Kesehatan, Mutu, dan Akreditasi Fasilitas Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, memaparkan materi terkait peningkatan mutu pelayanan kesehatan. Rita menjelaskan bahwa peningkatan mutu internal melibatkan upaya-upaya secara berkala seperti penetapan, pengukuran, pelaporan, dan evaluasi indikator mutu serta pelaporan insiden keselamatan pasien. Sementara itu, peningkatan mutu eksternal mencakup perizinan, sertifikasi, dan akreditasi.

Rita juga menekankan bahwa mutu pelayanan kesehatan adalah tingkat pelayanan yang dapat meningkatkan hasil kesehatan yang optimal bagi individu dan masyarakat. Pelayanan tersebut harus sesuai dengan standar pelayanan, perkembangan ilmu pengetahuan terkini, serta memenuhi hak dan kewajiban pasien.

Dari pihak RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, dipresentasikan oleh Komite Mutu, menjelaskan kondisi terkini pelaksanaan Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP) yang ada di rumah sakit tersebut, terkait Indikator Nasional Mutu (INM) dan Insiden Keselamatan Pasien (IKP).

BACA JUGA :  RSUD DR. H. SOEMARNO SOSROATMODJO KUALA KAPUAS MENERIMA BANYAK PERMINTAAN MCU DARI BAKAL CALON LEGISLATIF DAN PPPK TENAGA PENDIDIK

Dalam kesempatan tersebut, Direktur RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, Dr. Agus Waluyo, MM, berharap bahwa kunjungan ini dapat mendorong transformasi akreditasi fasilitas pelayanan kesehatan untuk meningkatkan mutu dan keselamatan pasien dalam pelayanan kesehatan. Selain itu, monitoring dan evaluasi hasil akreditasi fasilitas pelayanan kesehatan di setiap daerah akan dilakukan oleh Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota sebagai bagian dari fungsi pembinaan dan pengawasan. (PR/Rob/Den).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.