SELAMA TAHUN 2020 KONDISI WILAYAH HUKUM POLRES KAPUAS KONDUSIF

oleh -7 views
SELAMA TAHUN 2020 KONDISI WILAYAH HUKUM POLRES KAPUAS KONDUSIF 1

Kuala Kapuas, 1/1/2020 (Dayak News). Kapolres Kapuas AKBP Manang Soebeti mengatakan, selama tahun 2020, secara umum kondisi wilayah hukum Polres Kapuas sangat kondusif. Tidak ada kejadian-kejadian menonjol atau pun konflik sosial yang terjadi.

Demikian dikatakan Manang dalam konferensi pers capaian akhir kinerja Polres Kapuas selama tahun 2020. Ia menjelaskan, tahun 2020 adalah tahun politik karena ada pelaksanaan pilkada Kalimantan Tengah.
“Namun Kita semua telah melaluinya dengan baik.

Seluruh pelaksanaan pilkada Kalimantan Tengah berjalan dengan aman dan lancar,” kata Manang di Mapolsek Kapuas, Kamis (31/12/2020).

Ia melanjutkan, kabupaten Kapuas adalah salah satu wilayah dengan luas yang sangat besar dan jumlah penduduk yang tergolong padat di Kalimantan Tengah. Karenanya, sangat dimaklumi apabila penyebaran covid-19 cukup tinggi. Kapolres Kapuas menekankan, semua pihak telah berusaha sebaik-baiknya.

“Dengan luas yang sangat besar dan jumlah penduduk yang tergolong padat di Kalimantan Tengah ini, kita menduduki peringkat keempat. Artinya, kita masih lebih baik dibanding kabupaten lain. Yang ada, jumlahnya adalah fakta yang ada. Jadi tidak ada yang ditutup-tutupi oleh pemerintah daerah maupun pemerintah pusat,” imbuhnya.

Dalam rangka mendukung pemerintah untuk mencegah penyebaran virus covid-19, ia menyebut, setiap hari Polres Kapuas melakukan operasi Yustisi.

Dengan rincian total razia 16.623 kali, pembagian masker 27.225 masker, sosialisasi 93.327 kali, pemasangan stiker 2324 kawasan, himbauan Kapolres 432 kawasan.

“Soal karhutla, tidak ada asap lagi di kabupaten Kapuas. Jika pun ada, hanya terjadi di lahan-lahan kecil,” tukas Manang.

Terkait tindak pidana di Kabupaten Kapuas, Manang menuturkan, secara umum jumlahnya menurun. Pada tahun 2019 ada 293 kasus, sedangkan tahun 2020 Polres Kapuas menangani 281 kasus. Artinya, menurutnya, terjadi penurunan 12 kasus atau kurang lebih 4 persen.

“Semua operasi yang dilalukan berjalan dengan aman dan lancar, termasuk operasi lilin 2020,” tuturnya.

Ia pun menyebut, kondisi wilayah hukum Polres Kapuas sangat kondusif. Tidak ada kejadian-kejadian yang perlu mendapatkan perhatian khusus.

“Sekali lagi saya sampaikan bahwa kondisi di Kabupaten Kapuas semuanya kondusif, situasinya kondusif, masyarakatnya kondusif. Tidk ada konflik, tidak ada kejahatan-kejahatan menonjol.

Dan karhutla juga tidak ada asap selama tahun 2020. Terkait pilkada juga semua berjalan dengan lancar. Semua masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik,” kata Kapolres Kapuas.

Ia menghimbau masyarakat Kapuas untuk mewaspadai bersama bahaya Covid-19.
“Kita butuh bersabar, kita butuh waspada dan kita butuh kedisplinan dan kemauan.

Jauhi kerumunan, gunakan masker, cuci tangan dan patuhi protokol kesehatan. Hindari kegiatan-kegiatan yang bersifat mengumpulkan massa,” tutupnya. (RB/Den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *