AGUSTIN TERAS NARANG TEBARKAN 25 RIBU BENIH IKAN DI KATINGAN

oleh -
oleh
AGUSTIN TERAS NARANG TEBARKAN 25 RIBU BENIH IKAN DI KATINGAN 1
Anggota DPD RI Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang, turut serta turun langsung ke lapangan untuk menyebarkan 25 ribu benih ikan Papuyu khas Kalteng di Danau Bulat, Desa Jahanjang, Kecamatan Kamipang, Kabupaten Katingan, Selasa (21/2/2023).

Kasongan, (Dayak News) – Guna penguatan ekonomi di sektor perikanan, Anggota DPD RI Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang, turut serta turun langsung ke lapangan untuk menyebarkan 25 ribu benih ikan Papuyu khas Kalteng di Danau Bulat, Desa Jahanjang, Kecamatan Kamipang, Kabupaten Katingan, Selasa (21/2/2023).

Kegiatan penyebaran benih ikan Papuyu atau Betok ini atas kerjasama PPLH-PI Universitas Kristen Palangka Raya, Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Mandiangin dan SKIPM Palangka Raya.

Selain Teras, nampak turut hadir Bupati Katingan Sakariyas. Dalam kesempatan itu, Kepala Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Mandiangin, Evalawati menyerahkan langsung benih secara simbolis kepada Bupati Katingan untuk kemudian sama-sama di lepasliarkan.

” Kegiatan ini kelanjutan dari serangkaian aksi yang telah kami mulai sejak beberapa bulan lalu, sebagai bagian juga dari tugas Komite II DPD RI, untuk menggelorakan giat perikanan di Kalteng. Sektor perikanan saya harapkan jadi andalan perekonomian negara kita yang merupakan negara kepulauan dengan 2/3 merupakan wilayah laut, negara maritim, negara bahari, dan sekaligus negara dengan potensi perairan darat yang besar. Jadi ini bukan semata untuk Kalimantan Tengah saja,” ungkap Teras.

Menurut Gubernur Kalteng dua periode, 2005-2010 dan 2010-2015 ini bahwa ikan adalah bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia, termasuk Kalteng. Dimana Kalteng sendiri punya potensi ekonomi dari sektor perikanan yang besar dan mesti dioptimalkan.

” Saat ini Indonesia penuh dengan berbagai aturan yang mengundang investasi. Kalau kemudian investor datang dan kita tidak siap, maka kita akan ketinggalan dan jadi penonton,” ingat Teras.

Teras pun mengingatkan semua pihak bahwa kekuatan untuk penguatan ekonomi ada di daerah. Sehingga dengan begitu sektor perikanan di daerah Kalteng perlu dibenahi. Hal itu pula menurut Teras merupakan bagian dari peran anggota DPD RI dapil Kalteng yang merepresentasikan kepentingan daerah di parlemen.

Selain itu ia sebutkan, sebagai anggota DPD RI, pada Januari 2023, telah menyurati Menteri Kelautan dan Perikanan agar memberikan atensi pada sektor perikanan Kalteng, khususnya pada pengembangan IBILAGA Pulang Pisau yang jadi pusat inovasi benih ikan perairan lahan gambut.

Sepekan kemudian, surat itu ditindaklanjuti dalam rapat bersama Menteri Kelautan dan Perikanan. Respon cepat KKP diapresiasi Teras, seraya berharap segera ada tindaklanjut yang lebih nyata di lapangan, sehingga IBILAGA Pulang Pisau dapat jadi model dan percontohan untuk Indonesia.

” Artinya peran DPD RI untuk pengembangan sektor perikanan daerah sangatlah penting. Maka saya berharap pemerintah Kabupaten Katingan juga akan terus mengembangkan program pembangunan sektor perikanan di daerahnya, begitu pula kepala daerah lain. Secara khusus mengembangkan sektor perikanan endemik, yang khas Kalteng maupun perikanan lahan gambut,” pesan Teras. (Dan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.