AKAN MASUKI KEMARAU KATINGAN GELAR APEL KESIAPSIAGAAN HADAPI KARHUTLA

oleh -8 views
AKAN MASUKI KEMARAU KATINGAN GELAR APEL KESIAPSIAGAAN HADAPI KARHUTLA 1
Apel Kesiapsiagaan menghadapi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Katingan Tahun 2021

Kasongan, (Dayak News) Berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG Kalteng,Kabupaten Katingan akan masuk musim kemarau pada Bulan Mei mendatang.

Mengantisipasi hal tersebut Kamis (4/3/2021) dihalaman Kantor Bupati Katingan digelar Apel Kesiapsiagaan menghadapi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Katingan Tahun 2021 dipimpin oleh Wakil Bupati Katingan.

Dalam sambutannya Sunardi mengatakan,pertama kali yang dilakukan adalah pencegahan atau dideteksi dini serta melakukan pemetaan daerah rawan Karhutla, melakukan monitoring sampai ke bawah dengan melibatkan berbagai komponen baik dari Satuan Tugas dan Masyarakat.

Menurut Dia berdasarkan data dari Satelit Lapan pada Tahun 2020 di Kabupaten Katingan tercatat ada 920 titik hotspot sementara dari Januari hingga 2 Maret 2021 berkurang sisa 8 titik hotspot,katanya.

Untuk mengantisipasi bahaya kebakaran hutan dan lahan perlu Sinergisitas antara Anggota Satgas yang terbentuk mulai dari tingkat Kabupaten hingga ketingkat Desa serta melibatkan berbagai Stakeholder.

“Saya percaya kebakaran Hutan dan Lahan dapat dicegah karena sebagian besar penyebab kebakaran karena ulah Manusia,dengan pendekatan secara Humanis kepada Masyarakat dengan melibatkan tokoh Adat,Tokoh Agama dan tokoh Masyarakat kita dapat mewujudkan Kabupaten Katingan bebas asap Tahun 2021″terangnya.

Apel diikuti oleh Satuan Tugas seperti TNI,Tagana,BPBD,Damkar,Mangala Agni,Polri dan Instansi Pemerintah lainya. (PEND)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *