BANJIR SUSULAN TERJADI DI KATINGAN, BMKG PERKIRAKAN HUJAN HINGGA TIGA HARI KEDEPAN

oleh -
BANJIR SUSULAN TERJADI DI KATINGAN, BMKG PERKIRAKAN HUJAN HINGGA TIGA HARI KEDEPAN 1

Kasongan, (Dayak News)– Banjir susulan kembali merendam wilayah Kecamatan Katingan Hulu,Kabupaten Katingan, Kamis (2/9). Di ibukota Kecamatan, Kelurahan Tumbang Sanamang, air mulai menggenang permukiman warga dan fasilitas umum. Diperkirakan peristiwa banjir kali ini, lebih besar dari minggu sebelumnya.

Camat Katingan Hulu, Yaben, S.Ag. membenarkan bahwa peristiwa banjir saat ini lebih besar dari terdahulu. “Ketinggian air sekira 50 cm. Pada beberapa tempat bahkan lebih,” sebutnya, Kamis, (2/9) malam.

Meskipun banjir susulan yang terjadi lebih besar, belum ada persiapan khusus yang dilakukan masyarakat. “Mereka sudah terbiasa dan bisa beradaptasi dengan bencana banjir yang hampir terjadi setiap tahun,” tambahnya.

Intesitas curah hujan yang makin meningkat menjadi salah satu penyebab bencana ekologis ini. Data BMKG per hari ini, Kamis (2/9) hingga Sabtu (4/9) akan terjadi hujan ringan di Kabupaten Katingan. Tingkat kelembaban bervariasi antara 75 -100 dan suhu rata rata berkisar 23-31 derajat celcius.

Banjir bandang yang terjadi setiap tahun tersebut, sangat berdampak bagi kehidupan masyarakat yang tinggal di pinggir bantaran sungai. Aktivitas sehari hari warga menjadi terhenti. Selain itu sangat berdampak terhadap kesehatan masyarakat. Tak terhitung korban materi yang terjadi.

Banjir kiriman dari wilayah hulu itu akan merendam semua wilayah pinggir kali hingga ke wilayah hilir Kecamatan Katingan Kuala.

Langkah mitigasi semestinya sangat perlu dipikirkan. Ambil contoh dengan memberi larangan membangun kawasan permukiman di daerah rawan bencana. (Dan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.