Bupati Katingan Anjurkan Masyarakat Pakai Masker

oleh -
oleh
Bupati Katingan Anjurkan Masyarakat Pakai Masker 1
Bupati Katingan Sakariyas (tengah)

Kasongan, (Dayak News) – Kualitas udara di Kabupaten Katingan terpantau tidak sehat terhitung 29 Agustus 2023. Menyikapi hal itu Bupati Katingan Sakariyas menganjurkan masyarakat menggunakan masker ketika beraktivitas di luar ruangan.

“Terutama untuk kelompok masyarakat yang rentan terkena infeksi saluran pernafasan dan asma. Kalau memang tidak kuat, saya anjurkan kenakan masker,” himbaunya saat memberi keterangan pers di Aula Kantor Dinas Lingkungan Hidup, Rabu (30/8 2023).

Dikatakannya, titik api dari kebakaran hutan dan lahan mengalami lonjakan hingga 797 persen dari Juli hanya 71 titik api hingga kini menjadi 566 hot spot. Sebagian besar terdeteksi di wilayah Kecamatan Mendawai, Katingan Kuala dan Kamipang.

Disisi lain, meningkatnya partikel debu dan asap disebabkan tiupan angin menuju arah tenggara sehingga kabut asap beterbangan dari daerah perbatasan Pulang Pisau dan Palangka Raya menuju Kabupaten Katingan.

Diperkirakan musim kemarau bakalan terjadi sampai dengan September mendatang.

Untuk itu Sakariyas menghimbau semua tenaga kesehatan bersiap-siap menghadapi kemungkinan melonjaknya penyakit infeksi saluran pernafasan pada masyarakat.

“Ketersediaan oksigen dan obat-obatan harus direncanakan dengan matang, selain itu pelayanan harus diberikan sebaik mungkin bagi masyarakat,” Demikian Sakariyas. (Dan)

BACA JUGA :  Penjabat Bupati Katingan Harapkan Pembangunan Bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.