CAMAT KATINGAN HULU MELAKUKAN PENDATAAN DAN PENATAAN ASSET GUNA MENCEGAH PEMBOROSAN

oleh -
CAMAT KATINGAN HULU MELAKUKAN PENDATAAN DAN PENATAAN ASSET GUNA MENCEGAH PEMBOROSAN 1
Camat Katingan Hulu Kabupaten Katingan, Aldo Valensia Kilisan, S.STP., M.Si bersama staf melakukan pendataan dan penataan terhadap aset milik Pemerintah Kabupaten Katingan, Selasa (17/1/2023).

Kasongan (Dayak News) – Camat Katingan Hulu Kabupaten Katingan, Aldo Valensia Kilisan, S.STP., M.Si bersama staf melakukan pendataan dan penataan terhadap aset milik Pemerintah Kabupaten Katingan, Selasa (17/1/2023).

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada ibukota Kecamatan Katingan Hulu, Tumbang Sanamang. Pendataan dan penataan dilakukan terhadap beragam asset seperti tanah, bangunan dan barang inventaris.

CAMAT KATINGAN HULU MELAKUKAN PENDATAAN DAN PENATAAN ASSET GUNA MENCEGAH PEMBOROSAN 2

Menurut Camat Katingan Hulu, pendataan serta penataan asset milik pemerintah daerah tersebut rutin dilakukan setiap tahun. Sehingga semua harta benda akan terus diketahui baik jumlah maupun penyusutannya.

“Kegiatan ini memang rutin dilaksanakan setiap tahun agar diketahui jumlah dan kondisi barang milik pemerintah,” ujarnya, Rabu.

Adanya pendataan dan penataan secara kontinu, kata dia akan mencegah terjadinya pemborosan untuk belanja barang yang dinilai belum perlu. Data akurat asset akan membantu pihaknya mempertimbangkan beragam belanja barang dan jasa serta bisa mengambil keputusan secara efektif.

CAMAT KATINGAN HULU MELAKUKAN PENDATAAN DAN PENATAAN ASSET GUNA MENCEGAH PEMBOROSAN 3

“Untuk belanja barang maupun jasa untuk hal yang mendesak saja. Jika memang asset yang ada masih bisa dimanfaatkan akan terus digunakan,” ungkapnya.

Disisi lain kegiatan tersebut akan membantu pemerintah mengetahui secara pasti letak asset yang dapat menjadi dasar penyimpanan dan perpindahan asset. Disamping itu dapat menjadi dasar penghapusan untuk asset yang memang sudah rusak dan tak bernilai ataupun perawatan serta perbaikan untuk harta yang memang masih bisa digunakan.

“Pendataan asset secara rutin sebagai wujud tata kelola administrasi dengan baik. Disamping itu akan diketahui berapa total nilai kekayaan yang dimiliki pemerintah daerah,” pungkasnya. (Dan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.